• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 28 Mei 2024

Nasional

PORSENI NU

Gubernur Jateng Bakal Buka Porseni NU 2023 di Solo

Gubernur Jateng Bakal Buka Porseni NU 2023 di Solo
Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo (dua dari kiri) (Foto: Dok NU Onlline Jateng)
Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo (dua dari kiri) (Foto: Dok NU Onlline Jateng)

Solo, NU Online Jateng
Perhelatan akbar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Nahdlatul Ulama (NU) dalam rangka semarak 1 Abad Nahdlatul Ulama berlangsung di Kota Solo Bakal dibuka Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo.


Kegiatan pembukaan dilangsunglan di Gelanggang Olahraga (GOR) Sritex Arena, Laweyan, Kota Surakarta pada Senin 16 Januari 2023 mendatang. 


"Rencananya dibuka oleh Pak Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah). Untuk penutupannya 22 Januari, Presiden Joko Widodo dikonfirmasi akan datang dan mengikuti jalan sehat bersama para peserta porseni," tutur Panitia Pengarah Porseni NU 2023 KH Miftah Faqih.


Dilansir dari nu.or.id, Kiai Miftah Faqih mengatakan, Porseni NU 2023 rencananya akan dihadiri oleh 40 ribu orang se-Indonesia. Pesertanya adalah generasi muda NU berusia sekitar 18-23 tahun, jenjang sekolah menengah (SMA/sederajat) atas hingga perguruan tinggj.  


Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini menjelaskan, 40 ribu orang yang akan memadati Kota Solo itu terdiri dari atlet, tim resmi dari masing-masing kontingen, panitia, dan penggembira.  


"Porseni NU 2023 dapat berlangsung lancar tanpa kendala apa pun. Saya mengingatkan bahwa Porseni NU harus mencapai level kebersamaan dan profesionalisme. Artinya, olahraga dan seni bukan hanya sebatas hiburan saja. Tetapi dengan itu, bibit atlet akan bermunculan di tingkat nasional maupun internasional," terang Kiai Miftah. 


Sebagaimana diketahui, Porseni NU merupakan salah satu dari 9 rangkaian kegiatan peringatan Hari Lahir (Harlah) 1 Abad NU, hingga puncaknya pada 16 Rajab 1444 Hijriah mendatang.  


Porseni NU akan mempertandingkan beberapa cabang olahraga dan seni yaitu sepak bola, bola voli, bulu tangkis, pencak silat, Musabaqah Tilawatil Qur'an, Musabaqah Qiraatul Kutub, dan hafalan Kitab Alfiyah.  


Gelaran Porseni NU yang akan berlangsung pada 14-21 Januari 2023 ini bakal menjadi rangkaian kegiatan Harlah 1 Abad NU kelima yang dilaksanakan. Masih ada 4 kegiatan lain yang akan menyusul pelaksanaannya. 


Empat kegiatan itu adalah:

  1. NU Festival pada 20-23 Januari 2023 di Jakarta
  2. Anugerah Tokoh An-Nahdlah pada 31 Januari 2023 di Jakarta 
  3. Muktamar Internasional Fiqih Peradaban pada 6 Februari 2023 
  4. Resepsi Puncak Peringatan Satu Abad NU yang akan diselenggarakan pada 7 Februari 2023 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. (*)


Nasional Terbaru