• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Dinamika

Persiapkan Kader Militan, Ansor Lebakbarang Pekalongan Adakan PKD

Persiapkan Kader Militan, Ansor Lebakbarang Pekalongan Adakan PKD
Kegiatan PKD Ansor Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/Hadi Suprapto)
Kegiatan PKD Ansor Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/Hadi Suprapto)

Pekalongan, NU Online Jateng
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Baitul Muttaqin, Dusun Kumenyep, Desa Sidomulyo, Jumat-Ahad (5-7/8). 


Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Lebakbarang Kiai Hadi Muhadi menyampaikan, letak geografis Kecamatan Lebakbarang yang berada di ujung selatan Kabupaten Pekalongan merupakan suatu tantangan tersendiri. 


"Lebakbarang ini berada di daerah selatan yang identik dengan pegunungan dan alas. Penduduknya tidak padat seperti di kota dan daerah bawah. Jarak antara satu desa dengan desa lainnya pun cukup jauh. Hal inilah yang kemudian jadi hambatan sekaligus tantangan bagi para pengurus NU maupun Ansor di sini," ujarnya. 


Oleh karena itu lanjutnya, mencari kader di Lebakbarang bukanlah suatu perkara yang mudah. “Akan tetapi pesan saya, jangan kemudian hambatan semacam itu kita jadikan alasan untuk tidak aktif ataupun tidak maksimal dalam berorganisasi," ucapnya. 


Menurutnya, justru itulah tantangan perjuangan di NU, buktikan bahwa Lebakbarang mampu dan bisa bersaing dengan PAC lain di Kabupaten Pekalongan menuju ke arah yang lebih baik.
 

Kepada NU Online Jateng, Selasa (9/8/2022) Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Lebakbarang Muhammad Yusron menjelaskan, PKD merupakan salah satu ikhtiar dalam mempersiapkan kader masa depan. 


"Adanya kegiatan PKD ini diharapkan mampu melahirkan kader-kader baru yang militan, loyal terhadap organisasi dan punya komitmen untuk mengembangkan NU di Lebakbarang baik di masa sekarang maupun yang akan datang," ungkapnya. 


Ia berharap semua peserta PKD mampu berperan aktif memajukan rantingnya masing-masing sekaligus PAC. "Dari total 24 peserta, saya berharap semuanya aktif mempersiapkan masa depan Ansor dan NU di Lebakbarang," ungkapnya. 


Karena menurutnya, Ansor sekarang adalah NU masa depan. Oleh karena itulah segala sesuatunya harus dipersiapkan mulai dari sekarang. Sesuai dengan tema 'Revitalisasi Gerakan untuk Optimalisasi Kader Militan’.


Pengirim: Hadi Suprapto, M Khoirul Umam
 


Dinamika Terbaru