• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 14 Agustus 2022

Dinamika

Perkuat Gerakan, Ansor Jatinegara Tegal Gelar Turba

Perkuat Gerakan, Ansor Jatinegara Tegal Gelar Turba
Kegiatan turba Ansor Jatinegara, Kabupaten Tegal ke ranting (Foto: NU Online Jateng/Tahmid)
Kegiatan turba Ansor Jatinegara, Kabupaten Tegal ke ranting (Foto: NU Online Jateng/Tahmid)

Tegal, NU Online Jateng 
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal menggelar silaturahim dan Turun Bawah (Turba) ke seluruh ranting Ansor. Kegiatan digelar dalam rangka membangun konsolidasi dan sinergitas PAC dan ranting di awali di Ranting Wotgalih dan Tamansari, Rabu (22/6/2022). 

 
Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Jatinegara Nur Fathi mengatakan, seluruh ranting se-Jatinegara akan dilakukan kunjungan secara bertahap. Hal ini dilakukan utuk membangun konsolidasi dan komunikasi untuk membangun sinergitas.


"PAC ingin tahu kondisi riil pengurus ranting. Sehingga semua kendala yang terjadi di tingkat ranting bisa dievalusi serta dicarikan solusinya. Kami di PAC tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Makanya Ranting perlu didorong kegiatannya jika tidak ada kendala. Jika ada kita cari bersama-sama solusinya," ujarnya kepada NU Online Jateng, Jumat (24/6/2022).
 


Sekretaris PAC GP Ansor Jatinegara Akhmad Mukhlisin menjelaskan, evaluasi program di PAC dan ranting juga menjadi bahasan dalam turba. Dengan evaluasi akan diketahui sejauh mana program yang sudah dilakukan PAC dan ranting. 

"Yang tak kalah pentingnya, turba juga menjadi media silaturrahim antarkader. Sehingga semua kader mulai tingkat anak cabang hingga ranting bisa saling kenal dan menjalin keakraban," ungkapnya 


Wakil Ketua PAC GP Ansor Jatinegara bidang Kaderisasi Muhammad Wari mengingatkan juga akan pentingnya kaderisasi. Sehingga penataan dan pendataan sangat perlu diperhatikan. “Jangan hanya fokus di administrasi saja, melainkan kaderisasi itu juga penting. Kita juga harus banyak merekrut kader untuk bergabung di Ansor," ungkapnya.


"Jangan terlalu fokus di satu titik saja, tetapi juga harus bersinergi dengan ranting-ranting lainnya. Kita juga harus menyentuh lapisan masyarakat yang ada di pelosok agar kita tidak stagnan di tempat yang sama," pungkasnya.


Kontributor: Tahmid


Dinamika Terbaru