• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Dinamika

PCNU Demak Gelar Konfercab Ahad Besok

PCNU Demak Gelar Konfercab Ahad Besok
PCNU Demak saat beraudiensi ke PWNU jateng menyampaikan persiapan konfercab (Foto: NU ONline Jateng/Samsul Huda)
PCNU Demak saat beraudiensi ke PWNU jateng menyampaikan persiapan konfercab (Foto: NU ONline Jateng/Samsul Huda)

Demak, NU Online Jateng
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Demak akan menggelar konferensi cabang (konfercab) di gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jalan Kauman II Jogoloyo, Kabupaten Demak, Ahad (4/12/2022) besok.


Ketua PCNU Kabupaten Demak KH Aminuddin Mas'udi mengatakan, untuk melaksanakan tugas konstitusi itu telah dibentuk panitia pengarah (SC) dan panitia pelaksana (OC) untuk melakukan berbagai persiapan. Menurutnya, ada beberapa agenda yang akan dibahas yakni penyampaian laporan pertanggungjawaban, rencana program kerja, dan lain-lain.


"Baik SC maupun  OC sudah melaksanakan tugasnya sehingga konferensi siap digelar tanggal 4 Desember. Kesiapan ini sudah kami dilaporkan ke PWNU Jateng saat menyampaikan undangan konfercab beberapa hari lalu," kata Kiai Aminudin di Demak, Kamis (1/12/2022).


Disampaikan, sebelum konfercab dibuka, Rais PWNU Jateng KH Ubaidullah Shodaqoh akan menyampaikan pidato pengarahan di hadapan 800 peserta konfercab.


"Agenda konfercab akan diikuti utusan dari 276 ranting ( dua peserta /ranting ) dan 14 MWC ( lima peserta /MWC). Diharapkan seluruh ranting dan MWCNU bisa mengikuti acara ini sampai tuntas,  karena ada ranting dan MWCNU yang hingga kini belum rampung menyusun kepengurusan paska konferensi," terangnya.





Ditambahkan, akibat belum tersusunnya pengurus paska konferensi sehingga belum mendapat pengesahan berupa surat keputusan (SK) dari PCNU Demak. 


PCNU Demak berharap agar problem itu dapat segera dituntaskan sehingga seluruh MWCNU dan Ranting NU bisa memperoleh legalitas sekaligus mengikuti agenda konferensi. "Jika sampai pada hari pelaksanaan konfercab belum rampung, maka  tidak bisa mengukuti konfercab ini," ucapnya.


Sekretaris PCNU Demak H Abdul Hamid kepada NU Online Jateng menjelaskan, peserta konfercab akan memilih rais dan ketua PCNU Demak untuk kurun waktu lima tahun ke depan. Selain itu juga akan menilai dan membahas laporan pertanggungjawaban PCNU Demak 2017-2022, penyusunan program kerja, menyiapkan rekomendasi, dan bahtsul masail.


"Untuk agenda pemilihan pengurus menggunakan dua cara meliputi ahlul halli wal aqdi (ahwa) untuk pemilihan rais dan vooting untuk pemilihan ketua," ungkapnya.


Dikatakan, untuk mempersingkat waktu pemilihan ahwa, ranting dan MWC mengirimkan lima nama nominator calon anggota ahwa dalam satu paket sebelum konfercab.


"Nama-nama nominator calon ahwa akan ditabulasi di tengah acara konfercab. Lima orang nama yang meraih suara terbanyak akan langsung ditetapkan menjadi ahwa untuk memilih rais," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda


Dinamika Terbaru