• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 14 Agustus 2022

Dinamika

LAZISNU Purwokerto Barat Banyumas Gelar Pelatihan Susun Laporan Keuangan

LAZISNU Purwokerto Barat Banyumas Gelar Pelatihan Susun Laporan Keuangan
Pembuatan konten video lewat aplikasi smartphone oleh LAZISNU Banyumas (Foto: NU Online Jateng/Djarmanto)
Pembuatan konten video lewat aplikasi smartphone oleh LAZISNU Banyumas (Foto: NU Online Jateng/Djarmanto)

Banyumas, NU Online Jateng
Jaringan Pengelola Zakat Infaq Shadaqah (JPZIS) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Berkah Remen Silaturrahmi (Beres) Purwokerto Barat Banyumas menyelenggarakan pelatihan membuat laporan keuangan, video, dan foto video.


Sekretaris JPZIS Beres Asron mengatakan, pelatihan diselenggarakan di rumah salah satu muzakki JPZIS Beres di Desa Rejasari Purwokerto Barat Banyumas, Sabtu (25/6). untuk memberikan tambahan pengetahuan dalam menyusun laporan keuangan yang dilengkapi dengan video maupun foto video untuk mendukung validitas laporan.


“Melalui pelatihan ini diharapkan agar pengurus, petugas lapangan, dan segenap aktivis LAZISNU memiliki keterampilan membuat laporan keuangan yang dilengkapi dengan video pendek atau video dokumenter," ujarnya, Ahad (26/6).


Menurutnya, model penyusunan laporan seperti itu dapat memberikan gambaran atau rekaman semua kegiatan JPZIS Beres secara up to date. "Selain itu, video tersebut juga bisa disebarkan lewat media untuk dijadikan media edukasi publik sekaligus mendukung syiar keislaman dan kebangsaan melalui aktivitas JPZIS Beres," terangnya.


Dia menambahkan, durasi pelatihan berlangsung singkat alias tidak membutuhkan waktu banyak, karena prosesnya sangat simple dan mudah, hanya menggunakan aplikasi yang ada di smartphone. 


Plt Ketua JPZIS Beres Daryanto menjelaskan, pelatihan susun laporan memberikan tambahan pengetahuan tentang pembuatan laporan keuangan dan video maupun foto video yang sederhana, cepat, dan mudah. 


Menurutnya, penyusunan dokumen laporan keuangan yang dilengkapi dengan videografi merupakan hal yang sangat mendesak dan sangat dibutuhkan oleh para aktivis LAZISNU di era digital untuk syiar dan dakwah tentang ZIS.


“Alhamdulillah, semua peserta terlihat sangat antusias. Diharapkan usai pelatihan ini petugas lapangan dan pengurus harian bisa membuat laporan dan video yang nantinya juga akan menginspirasi yang lainnya,” pungkasnya.


Pengirim: Djarmanto 


Dinamika Terbaru