• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Dinamika

IPNU-IPPNU Demak Luncurkan Buku Pedoman Kaderisasi

IPNU-IPPNU Demak Luncurkan Buku Pedoman Kaderisasi
PC IPNU-IPPNU Demak luncurkan buku pedoman kaderisasi (Foto: Dok)
PC IPNU-IPPNU Demak luncurkan buku pedoman kaderisasi (Foto: Dok)

Demak, NU Online Jateng
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Demak meluncurkan 'buku petunjuk pelaksanaan kaderisasi' sekaligus diskusi kaderisasi di Gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), Jalan Sultan Fatah, Rabu (5/1).


Ketua PC IPNU Demak Zaki menjelaskan, untuk memudahkan dan keseragaman pola kaderisasi, petunjuk pelaksanaan pengkaderan menjadi mutlak diadakan dan buku yang telah diterbitkan menjadi sangat penting bagi gerak dan langkah IPNU-IPPNU Demak ke depan.


“Panduan kaderisasi ini sebagai acuan secara tertulis yang mengatur secara sistematis pola kaderisasi sesuai grand desain yang telah disepakati,” jelasnya.


Kalau sudah ada bedah lanjutnya, secara otomatis panitia tidak boleh menggelar pengkaderan sembarangan. Akan tetapi harus betul-betul melalui tahapan sesuai pedoman yang ada.





Ketua PC IPPNU Demak Dewi Ella Wati mengatakan, dalam oragnisasi IPPNU di dalamnya terdapat 7 peraturan yaitu, PD, PRT, PO, PA, PPP, PPW, dan PPC peraturan yang terakhir berhenti di cabang.


"Harapannya di wilayah Demak ini berseragam dalam menggalakkan aturan salah satunya hari ini yakni mengenai kaderisasi agar proses pelaksanaan kaderisasi Makesta dan Lakmud semua tingkatan mempunyai acuan yang jelas dan serasi kurikulum pembelajarannya," ucapnya. 


Wakil Ketua Kaderisasi PC IPNU Demak Taufik menjelaskan, buku kaderisasi berisi petunjuk pelaksanaan kaderisasi Makesta dan Lakmud. "Buku ini sangat diperlukan para pejuang kaderisasi untuk menjadi acuan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan kaderisasi di lingkungan IPNU-IPPNU," terangnya dalam rilis yang diterima NU Online Jateng, Jumat (7/1).


Menurutnya, kegiatan diskusi selain ditujukan untuk menyelaraskan pola kaderisasi, juga untuk penguatan, dan menyiapkan kader IPNU-IPPNU yang akan datang.


Wakil Ketua Kaderisasi PC IPPNU Demak Zuyyina Alfi Hasanah menambahkan bahwa proses penerbitan buku ini membutuhkan waktu yang panjang. "Tim kaderisasi PC IPNU–IPPNU Demak melibatkan Ketua PC IPNU-IPPNU Demak, Ketua dan Waka kaderisasi PAC IPNU-IPPNU se-Kabupaten Demak, serta instrutur dan pelatih," pungkasnya.


Editor: M Ngisom Al-Barony


Dinamika Terbaru