• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Dinamika

Ansor Prapagkidul Purworejo Gelar Lomba Tahfidz Qur'an

Ansor Prapagkidul Purworejo Gelar Lomba Tahfidz Qur'an
Kegiatan lomba tahfidzul qur'an oleh Ansor Prapagkidul, Pituruh, Purworejo (Foto: NU Online Jateng/Vano)
Kegiatan lomba tahfidzul qur'an oleh Ansor Prapagkidul, Pituruh, Purworejo (Foto: NU Online Jateng/Vano)

Purworejo, NU Online Jateng 
Upaya mencetak generasi cinta Al-Qur'an dan dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muhharam 1444 H, Pimpinan (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Desa Prapagkidul, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo menggelar lomba tahfidzul Qur'an Juz 1-3 dan Juz Amma di Aula Balai Desa Prapagkidul, Sabtu (30/7/2022).


Lomba tahfidz Al-Qur'an diikuti 52 peserta kategori Juz 1-3 diikuti 7 peserta dan  kategori Juz Amma 45 peserta. Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Prapagkidul Kasiyem dan Ketua GP Ansor Pituruh Malik Khairul Anam.


Panitia penyelenggara lomba Fathan Anis mengatakan, bahwa kegiatan lomba tahfidzul qur'an merupakan salah satu program Ansor Prapagkidul sekaligus memperingati tahun baru Islam 1444 Hijriah.


"Lomba ini untuk memotivasi para generasi muda sejak dini untuk sadar membaca dan menghafal Al-Qur'an, memotivasi institusi penyelenggara pendidikan, dan para orang tua untuk mengarahkan anak-anak lebih mencintai Al-Qur'an," ujarnya.


Dikatakan, untuk kriteria penilaian meliputi tajwid, kelancaran lagu dengan dinilai kelancaran tahfidznya. "Lomba ini selain memperingati tahun baru islam 1444 H juga berharap anak-anak yang mengikuti lomba ini bisa mengisi tahun baru Islam dengan kegiatan positif.


Kepala Desa Prapagkidul Kasiyem mengapresiasi atas terselenggaranya lomba tahfidz Qur'an yang dilaksanakan oleh Ranting GP Ansor Desa Prapagkidul ini. "Ini merupakan salah satu motor penggerakan di bidang keagamaan yang patut didukung dan gelar setiap tahunnya karena ini salah satu mencetak generasi bangsa untuk cinta kepada Al-Qur'an," pungkasnya.


Pengirim: Vano, Achmad Rohadi
 


Dinamika Terbaru