• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Dinamika

Ansor Pekalongan Gelar Lomba Hadrah untuk Gali Potensi Kader

Ansor Pekalongan Gelar Lomba Hadrah untuk Gali Potensi Kader
Kegiatan lomba hadrah PC GP Ansor Kabupaten Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/Anwar)
Kegiatan lomba hadrah PC GP Ansor Kabupaten Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/Anwar)

Pekalongan, NU Online Jateng
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Pekalongan bekerjasama dengan perusahaan rokok mengadakan kegiatan 'Silaturahim Budaya' dalam rangka Hari Santri dan Hari Pahlawan 2022.


Sekretaris PC GP Ansor Kabupaten Pekalongan Fatkhuddin mengatakan, lomba hadrah bagian dari acara silaturahim budaya diharapkan dapat memunculkan talenta-talenta di bidang seni hadrah.


"Selain lomba seni hadrah, Ansor bersama Banser menggelar bersih-bersih 100 masjid di 19 kecamatan. Ini untuk mendekatkan Ansor dan Banser dengan masyarakat di lingkungan masjid," ujarnya.


Penanggung jawab lomba hadrah Ahmad Masroni kepada NU Online Jateng, Sabtu (12/11/2022) mengatakan, lomba hadrah di Kabupaten Pekalongan selain menggali bibit-bibit seni yang potensial juga untuk menumbuhkebangkan seni islami yang sudah akrab di masyarakat.


"Makanya kami inisiatif untuk meramaikan hari santri sekaligus hari pahlawan ini dengan lomba hadrah bersama-sama shalawatan kepada kanjeng nabi," ucapnya. 


Ketua panitia kegiatan Fatkhuddin menjelaskan, ada beragam kegiatan yang salah satunya adalah lomba hadrah bertempat di kantor PC GP Ansor Kabupaten Pekalongan di Desa Jetak Kidul berlangsung Jumat (11/11/2022) kemarin. 


"Kegiatan lomba hadrah ini diikuti oleh utusan dari PAC GP Ansor se-Kabupaten Pekalongan. Setiap tim menyanyikan lagu wajib yakni mars syubhanul wathan dan satu lagu bebas," terangnya. 


Disampaikan, lomba hadrah juga dimaksudkan untuk ajang silaturahim antarkader GP Ansor di Kabupaten Pekalongan. "Seperti kita ketahui, lomba hadrah ini juga bagian dari upaya kita mengajak kader Ansor bareng-bareng shalawatan karena ini memang sudah tradisi milik kita," pungkasnya. 


Lomba hadrah Ansor Kabupaten Pekalongan menghasilkan juara 1 dari utusan PAC GP Ansor Tirto 'Sorban Tirto', juara 2 disabet PAC GP Ansor Wonopringgo, dan juara ketiga diraih PAC GP Ansor Buaran. Para pemenang juara 1,2,3 mendapatkan trofi dan uang pembinaan dengan total Rp1 juta. 


Kontributor: Khairul Anwar


Dinamika Terbaru