Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra

Regional

Kukuhkan Dewan Hakim MTQ, Ketua LPTQ Jateng Minta Seleksi Peserta Terbaik

Wagub Jateng KH Taj Yasin Maimoen kukuhkan dewan hakim MTQ tingkat Jawa Tengah di Semarang (Foto: NU Online Jateng/Rifqi)

Semarang, NU Online Jateng
Wakil Gubernur Jawa Tengah KH Taj Yasin Maimoen meminta dewan hakim melakukan seleksi peserta terbaik dalam ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an( MTQ) XXIX tingkat Jawa Tengah 2022. 


"Dan tentu kami juga menyiapkan dewan hakim, yang mana dewan hakim ini menentukan nanti bagaimana seleksi awal dari Provinsi Jawa Tengah untuk nanti dikirim ke MTQ tingkat nasional," ujarnya dalam pengukuhan dan pengambilan sumpah kepada 66 Dewan Hakim MTQ tingkat Jateng di Hotel Candi Indah Semarang, Jumat (22/07/2022). 


Gus Yasin, sapaan Wagub Jateng ini berharap Jawa Tengah bukan hanya memiliki banyak pesantren Tahfidzul Qur'an, tetapi juga memiliki kualitas hafidz dan hafidzah yang baik. Karena itu yang ingin dia buktikan pada ajang MTQ nasional mendatang.


Baca Juga:
Wagub Taj Yasin: Mahabbah Rasul Jadi Tanda Sempurnanya Iman


"Ini benar-benar kami berharap dari dewan hakim untuk menguji MTQ tingkat provinsi dengan begitu baik, dengan adil, dengan jujur," kata Gus Yasin.
 

Gus Yasin yang juga Ketua Umum Lembaga Tilawatil Qur'an (LPTQ) Jateng itu menjelaskan, sebanyak 66 dewan hakim yang dikukuhkan meliputi Koordinator Dewan, Sekretaris Dewan Hakim, 16 Ketua Majelis Hakim, dan anggota. Koordinator dewan hakim dijabat oleh KH Ahmad Darodji, sementara Sekretaris dijabat oleh H Badrussalam. 


Wagub yakin para dewan hakim yang terdiri dari para kiai ini memiliki tugas mulia dan mumpuni untuk memilih kandidat terbaik di tingkat nasional dilandasi dengan integritas. Dia juga menegaskan, MTQ tingkat provinsi yang diselenggarakan bukan sekadar even.


"Tetapi juga membawa syiar agama Islam dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap pendidikan keagamaan," tandasnya.


Penulis: Ahmad Rifqi Hidayat

Ahmad Rifqi Hidayat
Masri Zaen
Editor: M Ngisom Al-Barony

Artikel Terkait