• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Kamis, 30 Juni 2022

Taushiyah

Perbaikilah dalam Cari Rezeki

Perbaikilah dalam Cari Rezeki
Foto: Ilustrasi (nu online)
Foto: Ilustrasi (nu online)

Ada orang selalu berhati-hati dalam mengumpulkan harta, ia hanya mengumpulkan yang halal dan meninggalkan yang haram. Ada pula orang yang mencari harta secara serampangan tanpa memperhatikan halal dan haram.


Perbaikilah dalam mencari rezeki, karena rezekimu sudah ditanggung sampai datang ajalmu. Perbaguslah dalam mengumpulkan rezekimu, jangan sampai tertunda datangnya rezeki membuatmu maksiat kepada Allah.


Hadita nabi: Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda


إِنَّ رُوْحَ القُدُسِ نَفَثَ فِي رَوْعِي إِنَّ نَفْسًا لاَ تَمُوْتَ حَتَّى تَسْتَكْمِلَ رِزْقُهَا ، فَاتَّقُوْا اللهَ وَأَجْمِلُوْا فِي الطَّلَبِ ، وَلاَ يَحْمِلَنَّكُمْ اِسْتَبْطَاءَ الرِّزْقُ أَنْ تَطْلُبُوْهُ بِمَعَاصِي اللهَ ؛ فَإِنَّ اللهَ لاَ يُدْرِكُ مَا عِنْدَهُ إِلاَّ بِطَاعَتِهِ


Artinya :
Sesungguhnya ruh qudus (Jibril) telah membisikkan ke dalam batinku bahwa setiap jiwa tidak akan mati sampai sempurna ajalnya dan dia habiskan semua jatah rezekinya. Karena itu, bertakwalah kepada Allah dan perbaguslah cara dalam mengais rezeki. Jangan sampai tertundanya rezeki mendorong kalian untuk mencarinya dengan cara bermaksiat kepada Allah. Karena rezeki di sisi Allah tidak akan diperoleh kecuali dengan taat kepada-Nya. (HR Thabrani)


Penulis: H Ahmad Niam Syukri Masruri
 


Taushiyah Terbaru