• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 19 April 2024

Taushiyah

Ketika Anakmu Beristighfar untukmu

Ketika Anakmu Beristighfar untukmu
Foto: Ilustrasi (nu online)
Foto: Ilustrasi (nu online)

Ajarkanlah kepada anak-anakmu agar selalu memohonkan ampunan (beristighfar) untuk kedua orang tuanya. Mengapa?, karena dengan membiasakan beristighfar untuk kedua orang tua akan melahirkan keberuntungan bagi anak itu sendiri dan bagi orang tuanya. 

   
Keberuntungan yang akan didapat oleh anak yang selalu beristighfar untuk kedua orang tuanya adalah ia akan digolongkan sebagai anak yang birrul walidain yang karenanya (birrul walidain) akan dibukakan pintu rezeki baginya. 


Sedangkan keberuntungan bagi orang tua yang selalu dimohonkan ampunan (istighfar) oleh anaknya adalah kelak akan ditinggikan derajatnya di surga. Hadits nabi dari Abu Hurairah Ra, Rasulullah shalllallahu alaihi wasallam bersabda:


إِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ لَيَرْفَعُ الدَّرَجَةَ لِلْعَبْدِ الصَّالِحِ فِيْ الْجَنَّةِ فَيَقُوْلُ : يَا رَبِّ أَنىَّ لِيْ هَذِهِ ؟ فَيَقُوْلُ : بِاسْتِغْفَارِ وَلَدِكَ لَكَ


Artinya:
Sasungguhnya Allah benar-benar mengangkat derajat seorang hamba-Nya yang saleh di Surga.” Lalu ditanyakan “Wahai Rabbku, bagaimana ini bisa terjadi?” Allah menjawab: “Berkat istighfar anakmu bagi dirimu”.


Penulis: H Ahmad Niam Syukri Masruri


Taushiyah Terbaru