• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Regional

Semarakkan Konfercab, NU Demak Gelar Sarasehan dan Bazar UMKM

Semarakkan Konfercab, NU Demak Gelar Sarasehan dan Bazar UMKM
Kegiatan rapat persiapan Konfercab NU Demak (Foto: NU Online Jateng/Shiddiq)
Kegiatan rapat persiapan Konfercab NU Demak (Foto: NU Online Jateng/Shiddiq)

Demak, NU Online Jateng
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Demak hari ini Sabtu (3/12/2022) menggelar sarasehan dan bazar dalam rangka menyemarakkan Konferensi Cabang (Konfercab) di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jalan Pangeran Diponegoro, Jogoloyo, Wonosalam, Demak.


Ketua PCNU Demak KH Muhammad Aminuddin Mas’udi mengatakan, dalam upaya membangkitkan kemandirian ekonomi umat yang akan diperjuangkan untuk dibahas didalam forum konferensi agar menjadi salah satu program utama pengurus periode 2022-2027 mendatang, maka PCNU melalui Lembaga Perekonomian NU Demak menyelenggrakan  sarasehan bekerjasama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus.


“Materi konferensi ini salah satunya yang dibahas adalah tentang kemandirian organisasi terutama ekonomi umat. Ini dibuktikan dengan adanya tim perumus kemandirian yang sudah dibentuk PCNU beberapa waktu lalu dengan melibatkan berbagai elemen," ujarnya.


Koordinator pelaksana sarasehan yang juga Sekretaris LPNU Demak H Hasan Hamid kepada NU Online Jateng menjelaskan, dalam sarasehan akan menghadirkan dua narasumber yang telah sukses membidani berbagai usaha di daerahnya yakni Badan Usaha Milik NU di antaranya Kabupaten Magelang.


“jadi besok (hari ini, red) sarasehan diharapkan bisa menjadi pemicu gerakan kemandirian organisasi dengan prinsip mengangkat ekonomi komunitas yakni komunitas NU biar bisa jadi rujukan pengurus NU kita,” terangnya.





Ketua panitia pelaksana KH Sakdullah Fattah menyampaikan, selain sarasehan di dalam menyemarakkan konferensi cabang panitia juga menggelar bazar UMKM yang melibatkan beberapa banom dan Lembaga NU se-Kabupaten Demak sebagai pesertanya dengan memasarkan produk-produk warga NU di lingkungannya.


“Pesertanya melebihi target, akan tetapi panitia hanya membatasi 40 stan dan diharuskan memasarkan hasil karya warga NU dilingkungannya masing-masing,” katanya.


Sekretaris Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Demak HM Nur Ihsan kepada NU Online Jateng, Jumat (2/12/2022) menjelaskan, kegiatan bazar dalam rangka menyemarakkan konfercab disambut dengan baik oleh LDNU. 


"Ada 2 kapling stand yang disediakan panitia untuk LDNU dan akan dimanfaatkan untuk terapi pengobatan alternatif oleh JRA dan penjualan obat herbal," ungkapnya. 


Ihsan berharap konfercab bisa menghasilkan keputusan-keputusan yang membawa dampak positif bagi NU Demak lima tahun ke depan. "Selamat berkonfercab, semoga sukses," pungkasnya.


Kontributor: A Shiddiq Sugiarto


Regional Terbaru