• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Senin, 17 Juni 2024

Regional

Prof Syamsul Ma'arif Terpilih Secara Aklamasi sebagai Ketua PC ISNU Kota Semarang 2024-2028

Prof Syamsul Ma'arif Terpilih Secara Aklamasi sebagai Ketua PC ISNU Kota Semarang 2024-2028
Ketua ISNU Kota Semarang terpili Prof Syamsul Maarif bersama Ketua PW ISNU Jawa Tengah Fakhruddin Aziz pada Konfercab ISNU Kota Semarang di Pondok Pesantren Riset Al-Khawarizmi I, Aad (9/6/2024). (Foto: dokumentasi ISNU Kota Semarang)
Ketua ISNU Kota Semarang terpili Prof Syamsul Maarif bersama Ketua PW ISNU Jawa Tengah Fakhruddin Aziz pada Konfercab ISNU Kota Semarang di Pondok Pesantren Riset Al-Khawarizmi I, Aad (9/6/2024). (Foto: dokumentasi ISNU Kota Semarang)

Semarang, NU Online Jateng

Prof Syamsul Ma'arif terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kota Semarang. Ia terpilih pada Konferensi Cabang (Konfercab) I di Pondok Pesantren Riset Al-Khawarizmi I, Ahad (9/6/2024).


Dalam sambutannya, ia menyampaikan pandangannya tentang berbagai isu global yang sedang berkembang, termasuk konflik di Timur Tengah dan krisis lingkungan.


"Isu-isu global yang hari ini sedang berkembang seperti konflik di Timur Tengah mendorong kita para sarjana NU untuk menjaga kondusivitas kehidupan sosial-keagamaan di masyarakat dengan melakukan dakwah Islam rahmatal lil 'alamin di dunia digital," ujarnya.


Ia juga menambahkan bahwa perhatian terhadap krisis lingkungan menjadi hal yang penting mengingat sudah menjadi persoalan global. "Hari ini kita perlu menambahkan satu ukhuwah selain ukhuwah Islamiyah, ukhuwah Wathaniyah, ukhuwah Basyariah, yaitu ukhuwah Kauniyah (persaudaraan alam semesta)," katanya.


Syamsul juga menegaskan bahwa ISNU Kota Semarang selama masa khidmah ini bekerja secara senyap, tetapi konsisten dalam jalur gerakan intelektual sebagai kelompok akademis.


Sebelumnya, Ketua Pimpinan Wilayah ISNU Jawa Tengah Fakhrudin Aziz menyampaikan pentingnya pendataan dan pemetaan potensi sumber daya manusia di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU).


"NU memiliki sumber daya manusia yang melimpah. Akan tetapi, kendala utama kita yaitu belum mempunyai sebuah database yang dapat digunakan untuk memetakan potensi ini sehingga peran ISNU akan menyebar ke berbagai sektor kehidupan masyarakat," tuturnya.


Ia juga menekankan perlunya melakukan pendataan para sarjana NU dari berbagai latar belakang keilmuan, terutama dari kampus-kampus melalui komisariat ISNU di setiap kampus. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan peran dan kontribusi sarjana NU dalam pembangunan masyarakat.


Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Fakhrudin Aziz, Wakil Sekretaris PW ISNU Jateng Abdullah Labib, KH Imam Mursid dari PCNU Kota Semarang, serta segenap Pengurus Cabang ISNU Kota Semarang.


Sebagai informasi, Syamsul Maarif merupakan sebagai Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Walisongo Semarang (2019 - sekarang). Ia lahir di Grobogan, 30 Oktober 1974, dari pasangan H. Ahmad Bashori dan Hj. Sumiyatun.


Selain aktif di dunia akademik, ia juga mengasuh Ponpes Mahasiswa al-Khawarizmi Mijen, Semarang, Jawa Tengah. Saat ini juga menjabat sebagai Ketua Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT) Jateng (2020 - sekarang).


Regional Terbaru