• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Senin, 17 Juni 2024

Regional

Pramuka Berperan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik

Pramuka Berperan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik
Kegiatan kemah Gudep SMKNU Karanglewas, Banyumas (Foto: NU Online Jateng/Djarmanto)
Kegiatan kemah Gudep SMKNU Karanglewas, Banyumas (Foto: NU Online Jateng/Djarmanto)

Banyumas, NU Online Jateng 
Kegiatan pramuka sangat berperan dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah baik saat menjalani kehidupan di masyarakat maupun di lingkungan satuan pendidikan (satpen).


Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) SMK Ma’arif NU 2 Karanglewas Banyumas Al-Amin mengatakan, pramuka mempunyai peran penting dalam membentuk karakter generasi muda baik di sekolah yang menjadi pangkalan gugus depan Pramuka maupun saat hidup di tengah-tengah masyarakat.


"Pramuka juga mengajarkan kepada anggotanya untuk selalu siap memberikan pertolongan pada saat  terjadi bencana karena para diri pegiat pramuka melekat sikap sigap, tanggap, peduli, dan memiliki keterampilan, keahlian dan skill, serta the great generation school," kata Al-Amin di Banyumas, Kamis  (23/5/2024).


Al-Amin yang juga Kepala SMK Ma'arif NU 2  (SMK Mandaka) Karanglewas Banyumas mengatakan hal itu saat membuka kegiatan kemah bakti Pramuka yang diselenggarakan SMK Mandaka Karanglewas bersama Ambalan Pangeran Senopati Mangkubumi (03.2808) dan Ambalan Dewi Fatimah (03.2809) di Lapangan Desa Taman Sari, Kecamatan Karanglewas, Banyumas.


Kepada NU Online Jateng, Senin (26/5/2024) Al-Amin menjelaskan, kegiatan kemah bakti yang digelar pada Kamis-Sabtu (23-25/5/2024) bertujuan untuk menanamkan pribadi mandiri, menumbuhkan kepekaan jiwa sosial siswa secara nyata. 
 


"Juga melatih siswa tanggap, peduli, dan mampu berkomunikasi dalam kehidupan masyarakat secara langsung di lapangan," ucapnya.


Kepala Desa Tamansari Burhanudin Harahap menyampaikan apresiasi, dan mengaku senang dengan adanya kegiatan kemah bakti pramuka SMK Ma’arif NU 2 Karanglewas yang agendanya tidak hanya kemah saja, tetapi juga ada kegiatan lain.


"Yakni kegiatan sosial yang bermanfaat dan dapat dinikmati langsung oleh masyarakat Desa Tamansari seperti servis motor gratis untuk masyarakat, bazar pakaian pantas pakai, dan lomba-lomba/game," ungkapnya.


Mewakili masyarakat Tamansari, dirinya berharap SMK Ma’arif NU 2 Karanglewas dapat mencetak lulusan yang kompeten, mandiri, berkarakter dan berbudi pekerti.


"Membekali peserta didik dengan  ilmu-ilmu agama, ahlussunnah wal jamaah (aswaja) An-Nahdliyah, menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah dan karakter unggul melalui kegiatan pembinaan dan keteladanan," pungkasnya.


Pengirim: Djarmanto


Regional Terbaru