• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Regional

Peduli Kemanusiaan, SMKNU Ma’arif Margasari Tegal Galang Donasi untuk Gempa Cianjur

Peduli Kemanusiaan, SMKNU Ma’arif Margasari Tegal Galang Donasi untuk Gempa Cianjur
Salah satu rumah warga terdampak gempa di Cianjur (Foto: Istimewa)
Salah satu rumah warga terdampak gempa di Cianjur (Foto: Istimewa)

Tegal, NU Online Jateng
Meski gempa bumi Cianjur sudah reda, tapi dampak yang ditimbulkan musibah tersebut belum sirna. Ada ribuan warga yang hingga saat ini masih membutuhkan uluran tangan dari banyak pihak. Terutama yang mereka butuhkan adalah bantuan material dari sesama warga anak bangsa Indonesia.


Merespons kondisi tersebut, keluarga besar SMK Ma’arif NU Margasari Kabupaten Tegal menggalang donasi untuk disalurkan kepada korban gempa di Cianjur. Penggalangan donasi dimulai dari jajaran dewan guru dan para siswa.


Kepala SMK Ma’arif NU Margasari Muhaimin kepada NU Online Jateng Rabu (7/12/2022) mengatakan, kegiatan penggalangan donasi ini berhasil mengumpulkan uang sejumlah 800 ribu rupiah. Jumlah uang tersebut berasal dari donasi siswa sebesar Rp1.000 setiap siswa dan dari sumbangan dewan guru. 


Dirinya mentargetkan bisa mendapatkan donasi hingga Rp2 juta untuk disalurkan kepada para korban gempa Cianjur. “Penggalangan donasi ini sekaligus sebagai bagian dari pendidikan karakter siswa untuk saling peduli dan berbagi. Khususnya untuk para warga Cianjur yang terkena musibah gempa bumi belum lama ini,” ujar Muhaimin.


Ditambahkan, teknis penyaluran donasi tersebut akan dikoordinasikan dengan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Tegal. Dia berharap donasi ini bisa memberikan manfaat dan keberkahan meskipun nilainya sedikit.


Fatimahuz Zahra salah satu siswi SMKNU Margasari mengatakan, meski tidak seberapa nilai yang disumbangkan dirinya mengaku senang bisa ikut meringankan beban penderitaan warga korban terdampak musibah gempa di Cianjur.


"Semoga warga Cianjur tetap tabah dan sabar menerima ujian dari Allah SWT," pungkasnya.


Pengirim: Masykuri An-Nasyr, Tahmid


Regional Terbaru