• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 24 Februari 2024

Regional

Pagar Nusa: Atlet Pencak Silat Harus Ngaji

Pagar Nusa: Atlet Pencak Silat Harus Ngaji
Kegiatan Kejurkab PSNU Pagar Nusa Sukoharjo (Foto: NU Online Jateng/Masri Zaini)
Kegiatan Kejurkab PSNU Pagar Nusa Sukoharjo (Foto: NU Online Jateng/Masri Zaini)

Sukoharjo, NU Online Jateng
Pimpinan Pusat Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Ari Maftuhin mengapresiasi penyelenggaraan Kejurkab Pagar Nusa Sukoharjo yang tahun 2023 merupakan gelaran yang keempat kalinya. 


"Kegiatan ini menandakan aktivitas program pelatihan berjalan dengan baik, guyup rukun, dan baiknya hubungan antarpesilat perguruan silat di Sukoharjo," ujarnya.


Hal tersebut disampaikan Ari di hadapan seluruh peserta Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) ke-4 Pagar Nusa di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sukoharjo, Ahad (3/12/2023).


Selain itu lanjutnya, pihaknya juga menyampaikan pesan Gus Nabil kepada seluruh santri PN harus selalu sowan para kiai, ngaji dan menjaga serta mengupayakan kemandirian organisasi.


"Ini penting kami sampaikan, karena pagar nusa membawa misi menjaga ulama, kiai dan NKRI sehingga tidak boleh jauh dari kiai, tetap ngaji, dan dekat dengan ulama," tegasnya.
 

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sukoharjo H Khomsun Nur Arif meminta kepada atlet Pagar Nusa untuk menjadi pribadi yang betul-betul memiliki kemampuan lebih di bidang kanuragan serta berprestasi. 


"Para santri Pagar Nusa (PN) diharamkan melakukan tindakan yang membahayakan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain, serta menimbulkan kekacauan di tengah masyarakat. Santri PN jangan sampai meninggalkan ngaji kepada kyai," tegasnya.


Kiai Khomsun mengingatkan tujuan syariat Islam atau yang disebut 'maqashidus sysyariah' ada 5 yang pertama adalah hifdhuddin (menjaga agama) kedua hifdhunnafsi (menjaga diri), ketiga hifdhul 'aqli (menjaga akal).


"Yang keempat hifdhunnasli (menjaga keturunan), kemudian yang terakhir adalah hifdhul mal (menjaga harta)," ucapnya.


Wakil Bupati Sukoharjo Agus Santosa mengatakan, seluruh petugas pertandingan, official, pesilat, dan supporter agar menjunjung tinggi sportivitas dan nilai moralitas. Ia menegaskan bahwa Pemerintah Daerah Sukoharjo akan senantiasa mensupport tiap event pertandingan olah raga melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora).
 

"Kami berharap melalui ajang kejuaraan ini untuk menggali para atlit berprestasi serta mampu mengharumkan Sukoharjo di level kabupaten, provinsi, nasional, bahkan internasional," pesannya. 


Kejurkab Pagar Nusa yang dilaksanakan 2-3 Desember 2023 di IPHI Sukoharjo tersebut melibatkan 222 atlet PSNU Pagar Nusa yang telah lolos seleksi di tingkat kecamatan mulai dari kategori pra remaja, remaja, hingga dewasa.


Dalam kesempatan itu, ada penyerahan simbolis BPJS ketenagakerjaan kepada perwakilan atlit. Sekarang ada persyaratan bagi atlet tanding harus diasuransikan ke BPJS ketenagakerjaan karena pertimbangan kehati-hatian dan keamanan atlit dari cidera atau kecelakaan saat tanding.


Kontributor: Masri Zaini


Regional Terbaru