• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Rabu, 21 Februari 2024

Regional

LAZISNU Banyumas Salurkan Bantuan Dana Ke UMKM dan Pendidikan

LAZISNU Banyumas Salurkan Bantuan Dana Ke UMKM dan Pendidikan
Pengurus UPZISNU Beres Purwokerto Barat, Banyumas salurkan bantuan modal usaha kepada warga (Foto: NU Online Jateng/Djarmanto)
Pengurus UPZISNU Beres Purwokerto Barat, Banyumas salurkan bantuan modal usaha kepada warga (Foto: NU Online Jateng/Djarmanto)

Banyumas, NU Online Jateng
Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Banyumas melalui Jaringan Pengelola Zakat Infaq Sedekah (JPZIS) Beres Purwokerto Barat menyalurkan bantuan program bina warga berupa bantuan modal usaha dan bantuan biaya pendidikan calon santri.


Selain itu, juga bantuan biaya pelaksanaan Dirosah Ula Majelis Dzikir (MDS) Rijalul Ansor Kabupaten Banyumas. Program ini semua didukung dengan ZIS dan tasaruf gerakan sedekah subuh melalui koin NU yang dikelola JPZIS BERES.


Ketua JPZIS Purwokerto Barat Daryanto mengatakan, dalam penyaluran bantuan program unggulan ini tidak hanya berbentuk uang. “Selain uang tunai, kami salurkan juga bantuan berupa peralatan penunjang UMKM dan alat pendukung usaha lainnya,” ujarnya, Sabtu (28/1/2023).


Disampaikan, dana yang dihimpun JPZIS selain untuk bantuan tambahan modal, juga bantuan alat pendukung usaha bagi pelaku UMKM. Kemudian untuk Rutiah warga RT 003 RW 007  Kelurahan Rejasari, Kecamatan Purwokerto Barat yang jualan jajanan anak-anak hidup sendiri dan sudah lama sakit-sakitan.


Pihaknya juga memberikan biaya pendidikan calon santri atas nama Mohammad Fakhry Kautsar salah satu putra dari Kuri warga RT 004 RW 001 Kelurahan Rejasari, Kecamatan Purwokerto Barat masuk di Pesantren Riadus Sholihin Kemranjen Banyuma.


“Kalau nominalnya antara Rp500 Ribu sampai Rp3 juta setiap penerima. Kami juga berikan bantuan untuk acara Dirosah Ula MDS Rijalul Ansor Banyumas,” ucapnya.


Ketua PC MDS Rijalul Ansor Banyumas Habib Abdul Kadir Mulachele atau juga dipanggil Habib Ading menjelaskan, Dirosah Ula yang akan dilaksanakan di Banyumas pada akhir Januari 2023 adalah jenjang awal kaderisasi di MDS Rijalul Ansor di Kabupaten Banyumas.


"Tujuannya untuk menguatkan mental dan semangat ustadz dan kiai muda NU untuk menyongsong tatanan kehidupan yang lebih baik khususnya dalam menghadapi berbagai problema keagamaan bagi generasi muda NU," pungkasnya.


Pengirim: Djarmanto 


Regional Terbaru