• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Senin, 17 Juni 2024

Regional

Konsolidasi Anggota, Banser Pati Gelar Apel di Pulau Seprapat

Konsolidasi Anggota, Banser Pati Gelar Apel di Pulau Seprapat
Apel kebangsaan PC GP Ansor Pati (Foto: NU Online Jateng/Umam)
Apel kebangsaan PC GP Ansor Pati (Foto: NU Online Jateng/Umam)

Pati, NU Online Jateng
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor bersama Barisan Ansor Serbaguna (Banser)  menggelar 'Apel Kebangsaan' di Pulau Seprapat, Juwana, Pati, Ahad (16/10/2022). 


Asrendiklat Satkornas Banser Hery Budi Hartono menyampaikan, peran Ansor dan Banser saat ini sudah mendapatkan pengakuan dunia. Bahkan di luar negeri sudah banyak yang melakukan PKD dan Diklatsar dalam rangka pendidikan dan pelatihan GP Ansor.  


"Dengan Apel Akbar ini, diharapkan mampu memperkuat Ansor semakin solid, gerakan yang kompak, dan kita siap dalam rangka antisipasi dan penanganan bencana yang saat ini mulai tiba musim hujan, di beberapa daerah di Kabupaten Pati sedang dilanda bencana Banjir. Untuk itu Banser siap komando melakukan perhatian khusus terhadap antisipasi Banjir," ucapnya. 


Ketua PC GP Ansor Pati Abdullah Syafiq mengatakan, Ansor dan Banser ibarat lebah, sangat besar manfaatnya, namun apabila diganggu siap menyengat orang yang berusaha mengganggu NKRI dan Ulama.


"Ansor dan Banser lahir dan ada bukan untuk gagah-gagahan, bukan pula untuk adu kekuatan, melainkan untuk menjaga ulama, NU, dan NKRI. Oleh karena itu, mari kita jaga kekompakan dan kebersmaan dalam satu komando," tegasnya.


Dikatakan, Banser merupakan kader Ansor yang memiliki banyak fungsi dan peran, maka dibutuhkan peran yang optimal, soliditas, dan kedisiplinan dalam bergerak dan mengabdi. "Kita hadir di sini untuk menegaskan komitmen kita siap membela ulama, NU, dan NKRI," ucapnya.


Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser H Soetomo kepada NU Online Jateng, Rabu (19/10/2022) menjelaskan, Apel Kebangsaan dalam rangka memperingati Hari Santri 2022, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah, dan Hari Kesaktian Pancasila. 


"Banser dalam bergerak harus satu komando, sehingga gerakannya selalu siap satu barisan dan siap maju pantang mundur dalam rangka persatuan dan kesatuan NKRI," pungkasnya.
 

Kontributor: Fikrul Umam


Regional Terbaru