• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Regional

Jamiyah Ruqyah Aswaja Demak Buka Praktik Pengobatan di Bazar UMKM Konfercab NU

Jamiyah Ruqyah Aswaja Demak Buka Praktik Pengobatan di Bazar UMKM Konfercab NU
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

Demak, NU Online Jateng
Konferensi Cabang (Konfercab) Nahdlatul Ulama Kabupaten Demak bakal dilangsungkan di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jalan Kauman II Jogoloyo, Kabupaten Demak, Ahad (4/12/2022) besok Bakal diramaikan dengan bazar UMKM.


Sekretaris Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kabupaten Demak HM Nur Ihsan mengatakan, bazar UMKM yang berlangsung selama 1 hari bersamaan dengan acara Konferensi Cabang (Konfercab) NU adalah langkah strategis untuk melihat potensi ekonomi yang digeluti warga NU selama ini.


"Ini langkah bagus untuk melihat sejauh mana potensi yang dimiliki warga NU di Kabupaten Demak. Apalagi melihat antusias peserta, kami sangat yakin bazar akan banyak mendapat perhatian masyarakat," ujarnya.


Menurutnya, pesta demokrasi ala Nahdliyin harus dikemas secara baik dan di beberapa cabang sudah melakukan hal sama. Artinya konfercab dikemas dengan gembira dengan menghadirkan warga NU melihat dari dekat potensi ekonomi di momen konfercab.


"Hal semacam ini bisa diduplikasi di tingkat MWCNU dengan melakkukan hal yang sama, sehingga warga NU bisa menikmati suasana yang berbeda ketika NU punya hajatan," terangnya.





Dikatakan, LDNU sendiri akan mengisi stand bazar dengan pengobatan alternatif berupa ruqyah aswaja dan jualan herbal. Dirinya berharap, warga NU yang hadir di arena konfercab bisa memanfaatkan stan LDNU untuk berobat secara gratis.


"Pengobatan gratis ala 'tibbun nabawi' bentuk partisipasi LDNU Demak di akhir pengabdiannya, semoga bermanfaat," ungkapnya.


Salah satu peserta bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Yazid Rahmatullah mengatakan, bazar bagian dari cara PCNU dalam hal ini panitia konfercab untuk menghadirkan usaha warga NU Demak yang selama ini telah malang melintang di dunia kewirausahaan.


"Ada sekitar 40 stand yang bakal meramaikan bazar mulai dari pakaian, makanan, herbal hingga jasa pengobatan yang ditangani oleh Jamiyah Ruqyah Aswaja (JRA) Demak," ujarnya.


Disampaikan, kegiatan bazar hanya berlangsung sehari di mana acara konfercab berlangsung. Dirinya berharap bazar UMKM warga NU ramai dikunjungi peserta maupun penggembira yang diperkirakan ribuan nahdliyin dari berbagai daerah di Kabupaten Demak.


"Alhamdulillah untuk persiapannya sudah selesai, seluruh peserta sudah konfirmasi siap dan tinggal pelaksanaannya saja," pungkasnya.


Penulis: M Ngisom Al-Barony


Regional Terbaru