• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 12 April 2024

Regional

IPNU Jateng Gelar Workshop Media

IPNU Jateng Gelar Workshop Media
Kegiatan workshop media IPNU Jateng (Foto: NU Online Jateng/Dok)
Kegiatan workshop media IPNU Jateng (Foto: NU Online Jateng/Dok)

Semarang, NU Online Jateng
Untuk meningkatkan skill kader dalam bermedia, Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Tengah menggelar Workshop BaseMent: Basis Media’n Training di Semarang, Jumat-Sabtu (29-30/3/2024).


Acara workshop diikuti oleh 30 peserta dari berbagai daerah di Jawa Tengah yang telah dinyatakan lulus screening. Semua peserta ini sudah memiliki kompetensi masing-masing, meliputi: desain grafis, jurnalistik, videografi, dan Coding. 


Ketua PW IPNU Jateng Muhamad Irfan Khamid mengatakan, media sosial bisa menjadi positif dan negatif tergantung pengguna masing-masing. Untuk itu, dirinya berharap kader IPNU-IPPNU dapat membawa etika moral dalam bermedia, agar dominasi konten di media menjadi lebih baik dan positif.


“Kita selama ini hanya menjadi obyek, saatnya IPNU-IPPNU bangkit bisa berpropaganda agar eksis dalam menebar kebaikan di dunia maya,” ujar Irfan sapaan akrabnya.


Selain mendapatkan materi tentang seluk beluk media, peserta juga mempraktikkan apa yang sudah didapatkan dalam workshop ini pada sesi praktik dan diskusi kelompok. Kader IPNU asal Rembang Muhammad Miftahul Khoir mengaku sangat senang bisa menjadi salah satu peserta workshop ini. 


“Saya merasa senang karena dengan pelatihan ini dapat banyak teman, mendapatkan relasi 
dan ilmu baru. Alhamdulillah, saya menjadi bagian dari 30 peserta yang lolos seleksi untuk bisa mengikuti acara ini,” ungkapnya. 


Panitia workshop Hamam Nasirudin dalam siaran pers yang diterima NU Online Jateng, Senin (1/4/2024) berharap, setelah workshop ini peserta dapat terus berproses dan berkontribusi untuk IPNU, khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya.


"Tentu kita berharap, para peserta setelah pelatihan bisa menghasilkan karya-karya juenalistik yang bisa mewarnai dunia maya dengan konten-konten keislaman yang rahmatan lilalamin," pungkasnya.


Narasumber dalam workshop ini menghadirkan praktisi media dan alumni IPNU Jawa Tengah antara lain Manager Konten Kreatif NU Online Ahmad Mundzir AH, Produser Video Berita NU Online Ahmad Naufa Khoirul Faizun, dan Wakil Sekretaris Umum PP IPNU Moh Kurniawan. (*)


Regional Terbaru