• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Regional

Himpunan Pengusaha Nahdliyin Jepara Ajak Perbankan Syariah Berdayakan UMKM

Himpunan Pengusaha Nahdliyin Jepara Ajak Perbankan Syariah Berdayakan UMKM
HPN Jepara resmikan kantor dan halal bihalal (Foto: NU Online Jateng/Ihsan)
HPN Jepara resmikan kantor dan halal bihalal (Foto: NU Online Jateng/Ihsan)

Jepara, NU Online Jateng
Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Kabupaten Jepara menjalin kerja sama dengan perbankan syariah untuk memberdayakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kota ukir Jepara.


Ketua DPC HPN Jepara KHM Makshum Abdul Hamid mengatakan, ada beberapa bidang yang dikerjasamakan antara HPN dengan Bank Syariah Indonesia (BSI), di antaranya pembinaan jaringan bisnis dan penguatan permodalan.


"Selain itu bersama BSI Cabang Jepara HPN juga menyiapkan kerja sama pendirian ATM mini atau BSI Smart di sejumlah titik strategis yang berdekatan dengan sentra-sentra aktivitas UMKM," kata kiai Makshum di Jepara, Selasa (14/6).


Dijelaskan, program itu akan segera direalisasikan dalam waktu dekat. Saat ini HPN Jepara sedang melakukan konsolidasi organisasi dan menyiapkan agenda pemberdayaan pelaku usaha UMKM nahdliyin.


"Untuk menguatkan manajemen organisasi, HPN Jepara mengoperasikan kantor sekretariat untuk mendukung berbagai kegiatan. Kantor itu berada di lantai II Gedung Kantor Notaris Farisal Adib SH yang berada di Jl Diponegoro no 1 Jepara berjarak 20 meter dari kawasan alun-alun pusat Kota Jepara," terangnya.





Dia menambahkan, sekretariat diresmikan penggunaannya bersama acara halal bihalal yang berlangsung Ahad (12/6) dihadiri para pengurus, pembina organisasi, mitra kerja anggota HPN Jepara, dan kalangan perbankan.


Kepala Cabang BSI Jepara Adipta Nur Pratama menjelaskan, langkah HPN Jepara menjalin kerja sama dengan BSI merupakan langkah tepat, karena BSI memiliki berbagai program pembiayaan untuk level UMKM.


"Mari kita berkolaborasi untuk saling menguatkan, berkembang, dan memanfaatkan potensi yang ada  bersama-sama," katanya


Sekretaris Pembina HPN Jepara Kiai Hilaluddin mengatakan, hadirnya HPN di Jepara diharapkan bisa membantu masyarakat dalam mengembangkan usahanya. "Kalau usaha berkembang dan tumbuh secara langsung akan mengurangi kemiskinan di Jepara," pungkasnya.


Pengirim: Muhammad Nur Ihsan  


Regional Terbaru