• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Senin, 17 Juni 2024

Regional

Harlah Ke-20 SMK Syafi'i Akrom Pekalongan Bersama 'Asyiqol Mustofa' Kumandangkan Shalawat

Harlah Ke-20 SMK Syafi'i Akrom Pekalongan Bersama 'Asyiqol Mustofa' Kumandangkan Shalawat
Wakil Kepala SMK Syafii Akrom Kota Pekalongan Hamzah Ahmad (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)
Wakil Kepala SMK Syafii Akrom Kota Pekalongan Hamzah Ahmad (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)

Pekalongan, NU Online Jateng
Genap usia 20 tahun, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Syafi'i Akrom Kota Pekalongan bermarkas di kawasan Perumahan Buaran Indah menggelar sejumlah acara di antaranya jalan sehat pada Jumat (24/5/2024), SMK Syaf'i Akrom Bersholawat pada Sabtu (25/5/2024) bersama Grup Asyiqol Mustofa, dan bazar siswa.


Kepala SMK Syafi'i Akrom Muhammad Arif Wahyudi mengatakan, kegiatan peringatan hari lahir (Harlah) SMK Syafi'i Akrom selain sebagai rasa syukur atas perjalanan lembaga pendidikan di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) juga untuk ajang refleksi diri.


"Acara harlah tidak saja untuk mensyukuri nikmat atas perjalanan lembaga pendidikan SMK Syafi'i Akrom, akan tetapi lebih dari itu untuk sarana refleksi diri atas aktivitas yang telah dilakukan selama ini," ujarnya.


Disampaikan, hingga memasuki usia 20 tahun diakui sudah banyak raihan prestasi non akademik dan akademik dengan telah berhasil meluluskan ribuan alumni yang saat ini sudah banyak terserap di dunia kerja. Namun yang lebih penting lanjutnya, kami menyadari akan masih banyaknya kekurangan, sehingga hal ini bisa memacu kreativitas pendidik dan tenaga pendidikan untuk menjadi lembaga yang unggul ke depannya.


"Atas raihan berbagai prestasi tidak lantas membuat kami berbangga diri. Akan tetapi bagaimana kami mampunmempertahankan dan meningkatkan berbagai prestasi akademik maupun non akademik," terangnya kepada NU Online Jateng, Jumat (24/5/2024).
 


Dalam menapaki perjalanan lembaga pendidikan umum kejuruan lanjutnya, hingga kini SMK Syafi'i Akrom telah memiliki 5 jurusan meliputi Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM.


"Berikutnya, Teknik Komputer Jaringan dan Telekomunikasi (TKJT), Rekayasa Perangkat Lunak (Komputer Program) (RPL), dan Busana Butik," ungkapnya.
 

Ketua Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Kota Pekalongan Mohammad Subhan berharap memasuki usia ke-20 SMK Syafi'i Akrom terus berkembang membimbing generasi muda selain skill yang andal juga karakter yang kuat dengan akidah ahlussunnah waljamaah (Aswaja) An-Nahdliyah.
 


"Ini penting saya sampaikan, mengingat perkembangan dunia industri yang sangat pesat para pelajar di SMK Syafi'i Akrom harus mendapatkan bekal yang cukup terutama pendidikan karakter untuk menghadapi derasnya kemajuan teknologi," ungkapnya.


Wakil Kepala SMK Syafi'i Akrom Hamzah Ahmad menjelaskan, sebagai bentuk rasa syukur, pihaknya menghadirkan grup Asyiqol Mustofa untuk bershalawat bersama seluruh keluarga besar SMK Syafi'i Akrom dengan harapan lembaganya terus maju dan meningkatkan prestasi menjadi sekolah unggulan.


"Kami bertekad bahwa SMK Syafi'i Akrom harus bisa menjadi barometer pesantren dan sekolah kejuruan di Jawa Tengah dan nasional. Melalui shalawat bersama Asyiqol Mustofa kami menyampaikan rasa syukur dan semoga Allah Taala senantiasa menambahi nikmat kepada kita keluarga besar SMK Syafi'i Akrom," pungkasnya.


Penulis: M Ngisom Al-Barony


Regional Terbaru