• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Regional

Habib Luthfi Sampaikan Taushiyah di Haul Raden Fatah Demak Malam Ini

Habib Luthfi Sampaikan Taushiyah di Haul Raden Fatah Demak Malam Ini
Habib Luthfi bin Yahya (tengah) (Foto: Ilustrasi/dok NU Online Jateng)
Habib Luthfi bin Yahya (tengah) (Foto: Ilustrasi/dok NU Online Jateng)

Demak, NU Online Jateng
Rais Aam Idaroh Aliyah Jamiyyah Ahli Thariqah Al-Muktabarah An-Nahdliyah (Jatman) Habib Muhammad Luthfi bin Yahya akan menyampaikan mauidlah Hasanah  dalam acara haul agung Kanjeng Sultan Raden Abdul Fatah Al-Akbar ke-519 Sayyidin Panotogomo (Raden Fatah), Sabtu (15/1) malam.


Panitia Haul Raden Fatah KH Mahali mengatakan, selain Habib Lutfi, Wakil Rais Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah KH Dian Nafi juga akan menyampaikan mauidloh hasanah haul raja pertama Kesultanan Bintoro Demak yang diselenggarakan Takmir Masjid Agung Demak. 


"Acara ini akan berlangsung di Masjid Agung Demak dengan menerapkan prosedur protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Jamaah yang hadir diwajibkan memakai masker," kata kiai Mahali yang juga Ketua MWCNU Demak di Demak, Sabtu (15/1).


Selain itu lanjutnya, jamaah diharapkan menghindari aktivitas jabat tangan, menjaga jarak, menjaga kebersihan, dan mencuci tangan dengan sabun / hand sanitizer hingga bersih sebelum memasuki arena haul di komplek masjid peninggalan walisongo ini


"Acara haul dimulai pukul 20.00, sebelumnya selama sepekan digelar sejumlah berbagai agenda pendukung meliputi khataman Al-Qur'an dan ziarah ke makam Kesultanan Demak, khitanan massal, pengajian awal bulan Jumadil Akhir 1443 H, dan Mudarasah Remaja Masjid Agung Demak," terangnya.


Dia menambahkan, agenda selanjutnya yakni Mudarosah Pengajian Bapak-bapak dan Ibu-ibu Majelis Pengajian Ahad ke-4, pengajian selosonan, Murotal Al-Qur'an 30 Juz, Mudarosah Al-Qur'an 30 Juz dan pengajian umum haul.


"Melalui kegiatan haul ini diharapkan umat Islam khususnya nahdliyin dapat mengenang dan meneladani sepak terjang dan perjuangan raja pertama Demak  dalam mendukung syiar Islam yang dikembangkan para Wali Songo," ucapnya.


Dosen Fakuktas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Walisongo Semarang KH Anashom mengatakan, sinergitas antara raja dan auliya dalam menyebarluaskan Islam di nusantara yang dilakukan Raden Fatah bersama Wali Songo sangat layak untuk diteladani oleh generasi di segala zaman.


"Tradisi haul para auliya dan ulama serta tokoh-tokoh besar yang berjasa dalam mengembangkan Islam layak untuk dilestarikan," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda
Editor: M Ngisom Al-Barony


Regional Terbaru