• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Regional

Fatayat Sayung Demak Prioritaskan Program Penguatan Organisasi di Tingkat Basis

Fatayat Sayung Demak Prioritaskan Program Penguatan Organisasi di Tingkat Basis
Kegiatan konsolidasi PAC fatayat NU Sayung, Kabupaten Demak (Foto; NU Online Jateng/Samsul Huda)
Kegiatan konsolidasi PAC fatayat NU Sayung, Kabupaten Demak (Foto; NU Online Jateng/Samsul Huda)

Demak, NU Online Jateng
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Sayung, Kabupaten  Demak memprioritaskan program penguatan organisasi di tingkat basis untuk menopang realisasi program organisasi.


Ketua PAC Fatayat NU Sayung Demak Sofiyatun mengatakan, langkah penguatan organisasi di level akar rumput dimulai dengan penyegaran personalia pengurus ranting, setelah regenerasi di tingkat Ancab dilaksanakan tahun lalu.


"Dari 21 ranting yang ada, sebagian besar atau sejumlah 18 pengurus ranting sudah disegarkan melalui konferensi karena masa khidmah pengurusnya sudah selesai dan pembentukan pengurus baru karena kevakuman pengurus yang sudah terlalu lama," ujarnya.


Sofiyatun mengatakan hal itu saat bersama rombongan Pengurus Ancab Fatayat Sayung bersilaturahim di kediaman salah seorang pengurus Pimpinan Ranting Muslimat NU Desa Loireng Sayung, Istifaiyah , Ahad (22/1/2023).


Menurutnya, untuk menyusun kembali kepengurusan Fatayat di tingkat ranting yang sudah lama vakum dirinya berkonsultasi kepada para kiai, pengurus ranting NU dan Muslimat NU setempat dengan harapan dapat membantu dalam penataan personel dan pembinaannya.


"Langkah ini ditempuh agar upaya memberdayakan potensi wanita muda NU di Sayung dapat segera direalisasikan yang diawali dengan hadirnya pengurus baru yang personilnya masih segar," terangnya.


Ditambahkan, ditargetkan pembentukan pengurus baru di tiga ranting yang mengalami kevakuman kepengurusan cukup lama itu akan rampung sebelum masuk bulan puasa ramadhan 1444 H.


Target itu ujarnya, merupakan amanat rapat pleno pengurus Ancab, namun jika melihat kondisi yang ada pelaksanaannya akan tuntas sebelum puncak acara peringatan satu abad NU, 16 Rajab atau 7 Penruari mendatang.


Wakil Rais Pengurus Ranting NU Loireng Sayung Demak Kiai Muhammad Jakfar kepada NU Online Jateng, Rabu (25/1/2023) menjelaskan, sebagai salah seorang yang dituakan di NU Loireng dirinya mendorong PAC Fatayat NU Sayung segera bergerak membentuk pengurus ranting Fatayat di Loireng.


"Kami bersama muslimat akan membantu semaksimal mungkin hingga terbentuknya pengurus ranting Fatayat di sini," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda
 


Regional Terbaru