• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 12 April 2024

Regional

Bupati Demak Sampaikan Terima Kasih Ke PWNU Jateng Bantu Warga Demak Terdampak Banjir

Bupati Demak Sampaikan Terima Kasih Ke PWNU Jateng Bantu Warga Demak Terdampak Banjir
Kegiatan apel siaga tanggap bencana PWNU Jateng di Karanganyar Demak (Foto: NU Online Jateng/Rohmat Saleh)
Kegiatan apel siaga tanggap bencana PWNU Jateng di Karanganyar Demak (Foto: NU Online Jateng/Rohmat Saleh)

Demak, NU Online Jateng 
Bupati Demak Hj Eisti’anah menyampaikan terima kasih kepada PWNU Jawa Tengah bersama relawan NU Peduli yang telah membantu warga terdampak banjir di Demak mulai sejak terjadinya banjir hingga paska banjir melalui aksi-aksi sosial yang menyentuh kepentingan warga terdampak.


"Terima kasih kepada PWNU Jateng yang telah berinisiatif membantu warga terdampak banjir Karanganyar Demak, mulai sejak terjadinya bencana hingga paska banjir," kata Eistianah di Demak, Sabtu (30/3/2024).


Menurutnya, wilayah Karanganyar merupakan zona yang terparah kerusakannya dalam dua kali banjir pada tiga bulan terakhir. Banyak fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) di wilayah ini, demikian juga aset-aset warga tidak sedikit yang mengalami mengalami kerusakan


Selain kepada PWNU Jateng lanjutnya, Pemkab Demak juga menyampaikan terima kasih kepada warga dan berbagai pihak yang selama ini telah bersinergi dan bahu membahu dalam menghadapi bencana banjir.


"Pemkab Demak berkomitmen akan mencarikan solusi penanganan banjir yang ada di Kabupaten Demak dan utamanya di Kecamatan Karanganyar. Mari kita bersinergi, semoga Allah SWT selalu memberi kekuatan dan  kesehatan kepada kita semua," ujarnya.
 


Ketua PWNU Jateng KH Abdul Ghaffar Rozin (Gus Rozin) saat memimpin apel relawan NU Peduli Siaga Bencana PWNU Jateng di Gajah Sabtu (30/3/2024) menjelaskan, kegiatan apel adalah kelanjutan dari Siaga Banjir yang dipusatkan di Kecamatan Gajah, Demak.


" PWNU Jateng telah mendirikan beberapa posko saat banjir, hari ini kita fokus pada penanganan pasca-bencana (pemulihan) baik kesehatan, pendidikan, dan kebersihan serta pemulihan trauma dan lain sebagainya," katanya.


Dikatakan, informasi yang diperoleh di lapangan menyebutkan banyak sekolah dan madrasah yang belum berfungsi dan sebentar lagi ada ujian, alat tulis anak-anak sekolah pun juga sudah pada rusak atau hilang.


Fasilitas ibadah seperti masjid, mushala dan lain-lain sambungnya, harus bisa segera berfungsi kembali untuk menyambut lailatul qadar dan sebentar lagi umat Islam akan memasuki Idul Fitri. Saat menyambut lebaran para korban banjir diharapkan  bisa ikut merasakannya.


"Kami berharap jejaring NU Peduli terus aktif dalam kegiatan pemulihan pascabencana banjir di Demak ini terutama di Kecamatan Karanganyar. Kegiatan-kegiatan seperti trauma healing harus digalakkan," terangnya.


Hadir dalam kegiatan ini Satkorcab Banser Demak, Bagana Satkorcab Banser Pati, Bagana Grobogan, Satkorcab Banser Jepara, Satkorcab Banser kudus, Satkorcab Banser Semarang, LPBI Kabupaten Magelang, LPBI Kabupaten Sragen, Bagana Kabupaten Karanganyar, dan Satkorcab Garda Fatayat (Garfa) Kabupaten Demak.


Selanjutnya, Koordinator Satgas Ad Hoc NU Peduli Kemanusiaan Bantuan Bencana PWNU Jateng Hadi Masykur, Ketua Lazisnu Jateng H.M. Mahsun, Ketua PW GP Ansor Jateng H. Sholahudin Ali, Ketua PW Fatayat NU Jateng Hj Tazkiyatul Muthmainnah, kader Fatayat NU Demak, serta kader IPNU dan IPPNU.


Pengirim: Rohmad Saleh


Regional Terbaru