• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 12 April 2024

Regional

Bersama Sekda Pemkot, Ansor Kota Semarang Bagikan Ribuan Paket Santunan

Bersama Sekda Pemkot, Ansor Kota Semarang Bagikan Ribuan Paket Santunan
Kegiatan kerja sama distribusi bantuan dari Sekda Pemkot Semarang untuk kaum dzuafa (Foto: NU Online Jateng/Rifqi)
Kegiatan kerja sama distribusi bantuan dari Sekda Pemkot Semarang untuk kaum dzuafa (Foto: NU Online Jateng/Rifqi)

Semarang, NU Online Jateng, 
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang H Iswar Amirudin membagikan ribuan paket santunan lebaran bagi warga yang kurang beruntung.


Kegiatan sosial tersebut merupakan kebiasaan mulia yang dilakukan Iswar setiap bulan Ramadhan, yaitu membantu warga yang kurang beruntung, khususnya lansia yang tidak terurus oleh keluarganya dan anak yatim yang sudah ditinggal ayahnya sejak dalam kandungan.


Ketua PC GP Ansor Kota Semarang Abdurrahman mengatakan, program santunan dari Sekda Kota Semarang merupakan program rutin tahunan dengan melibatkan Ansor untuk mengkoordinasikan pengurus dari tingkat PAC sampai ranting untuk distribusi paket bantuan. 


"Kami sudah melakukan koordinasi sejak lama dan pendataan pihak-pihak yang berhak menerima bantuan dari Bapak Sekda H iswar Aminudin yang rutin dilakukan menjelang idul fitri tiba," ujarnya. 


Disampaikan, bantuan untuk tahun ini dikhususkan bagi lansia saja dan itu lewat Ansor. Adapunbantuan diberikan lewat Ansor untuk warga tidak mampu yang tidak diurus sama pihak keluarganya, biasanya orang-orang sepuh (lansia) yang hidup sendiri," terangnya.


Dari data yang dihimpun lanjutnya, pemberian bantuan atau santunan kepada warga yang mana kondisinya tidak seperti umumnya orang hidup di perkotaan seperti kota Semarang. "Saya masih ingat di Genuk dan Pedurungan ada yang lansia yang hidup sebatang kara di rumah yang tidak layak, bahkan mungkin di luar dugaan kita," ungkapnya.


Bahkan sambungnya, di Genuk ada lansia yang hidup sendiri, rumahnya terbuat dari gedek di tengah kebun warga. Untuk masak tiap hari menggunakan blarak (daun kelapa kering) dan klaras gedang (daun pisang kering). 


"Itu contohnya, kan diluar dugaan kita sebagai warga Kota Semarang, ibukota Jawa Tengah," lanjutnya.


Menurutnya, sekarang ini semua sudah menggunakan LPG siapa yang mau membeli kayu bakar?. Saya sampai menangis melihat dia. "Diajak komunikasi sudah sulit karena usianya. Orang-orang seperti ini yang harus menjadi sasaran bantuan dari Pak Iswar," ungkapnya.


Sekda Kota Semarang H Iswar Amirudin berterima kasih kepada Ansor yang telah bersedia membantu pemberian santuan kepada warga yang kurang mampu darinya.


“Alhamdulillah pada malam hari ini ada penyerahan sedikit untuk warga kurang mampu dengan bekerjasama dengan PC GP Ansor Kota Semarang,” pungkas Iswar di Kantor PC GP Ansor Kota Semarang, Sabtu (30/3/2024) malam.


Penulis: Ahmad Rifqi Hidayat


Regional Terbaru