• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Nasional

Rais NU Jateng: 3 Tahap Cobaan bagi Ahli Dzikir

Rais NU Jateng: 3 Tahap Cobaan bagi Ahli Dzikir
Rais PWNU Jateng KH Ubaidullah Shodaqoh (Foto: Dok NU Online Jateng)
Rais PWNU Jateng KH Ubaidullah Shodaqoh (Foto: Dok NU Online Jateng)

Jombang, NU Online Jateng
Rais Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah KH Ubaidullah Shodaqoh menjelaskan, seseorang yang ahli dzikir akan dicoba tiga tahap sebelum mencapai derajat sebagai orang yang dekat dengan Allah. 


"Syekh Muhyiddin Ibnu Arabi berkata, orang yang mau dzikir kepada Allah maka akan dibuka rahasia-rahasianya," ujarnya. 


Hal ini disampaikan Kiai Ubeid panggilan akrabnya saat mengisi acara haul ke-44 KH Bisri Syansuri di Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar, Jombang, Jawa Timur, Ahad (22/1/2023). 


Pengasuh Pesantren Al-Itqon Bugen, Kota semarang itu menjelaskan, dzikir yang dimaksud di sini adalah semua dzikir yang baik kepada Allah, semisal bacaan Laa Ilaha Illallah dan subhanallah. Pada tahap pertama rahasia yang dibuka untuk orang ahli dzikir yaitu rahasia barang keras seperti batu, besi, emas, akik dan lain sebagainya. 


"Jika kita dzikir serius, semisal baca laa Ilaha illallah dan subhanallah maka dibuka rahasia Allah. Akhirnya tahu khasiat suatu barang yang diberikan Allah," terangnya.


Dikutip dari nu.or.id Kiai Ubaid mengingatkan, ketika dibukakan oleh Allah akan rahasia-rahasianya maka harus hati-hati dalam bicara. Jangan juga diberi tahu kepada orang lain atau dimanfaatkan untuk cari uang.  Karena nanti akan dimasukkan ke kategori orang yang tidak bisa dipercaya untuk membawa rahasia Allah. 


"Jika tidak tergoda menyebarkan rahasia Allah, maka akan naik tingkat kedua dan diuji lagi dengan dibukanya rahasia tumbuhan," imbuhnya. 


Dikatakan, rahasia tumbuhan ini akan membuat seseorang tahu manfaat dari setiap tumbuhan. Tumbuhan yang ada di bumi Allah cukup banyak dan memiliki kegunaan masing-masing. 


"Manfaat rajin dzikir secara terus menerus, maka akan diuji lagi tahap ketiga yaitu dibukakan rahasia langit bumi, lalu rahasianya para syaitan dan jin, rahasianya malaikat. Rahasia-rahasia tersebut dibuka oleh Allah ketika seseorang bisa menjaga diri untuk tidak membuka ke publik. Fokus di dzikir dan Allah saja," pungkasnya. (*)
 


Nasional Terbaru