• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 14 Agustus 2022

Dinamika

Peringati Hari Anti Narkoba, Ansor Rembang Gelar Penandatanganan Petisi

Peringati Hari Anti Narkoba, Ansor Rembang Gelar Penandatanganan Petisi
Ansor Rembang gelar sosialisasi bahaya narkoba (Foto: NU Online Jateng/Lilik)
Ansor Rembang gelar sosialisasi bahaya narkoba (Foto: NU Online Jateng/Lilik)

Rembang, NU Online Jateng
Sebagai salah satu badan di tubuh GP Ansor yang konsen pada wilayah penanganan dan pencegahan narkoba, Badan Ansor Anti Narkoba (Baanar) Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Rembang gelar workshop di Gedung Hijau Komplek Rumah Dinas Wakil Bupati Rembang pada Ahad (26/6) pagi.


Kegiatan yang bertepatan dengan Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional tahun 2022 ini diikuti oleh jajaran Dewan Penasihat PC GP Ansor Rembang dan jajaran pengurus harian PC GP Ansor Kabupaten Rembang dengan menggandeng pihak aparat penegak hukum yang dalam hal ini adalah Satuan Resnarkoba Polres Rembang.


Kepala Hukum, HAM dan Baanar PC GP Ansor Rembang M Imam Syarifuddin menjelaskan, tujuan acara workshop agar semua kader Ansor di kabupaten Rembang paham betul dampak dan akibat penyalahgunaan narkoba dalam penjajahan era baru.


“Kegiatan ini diharapkan sebagai refleksi bagi kita semua khususnya kader GP Ansor di Rembang untuk terus hati-hati dan waspada terhadap maraknya peredaran narkoba bahkan sampai ke anak-anak SD,” jelasnya.


Pria yang juga menjabat Wakil Sekretaris MWCNU Bulu ini menambahkan, selain acara workshop ada penandatanganan petisi yang menyatakan bahwa kader GP Ansor Rembang siap berperang melawan Narkoba.


“Hal ini dilakukan sebagai wujud pernyataan sikap secara kongkret dan tegas bahwa narkoba adalah bentuk kejahatan kemanusiaan yang harus dilawan dan diperangi karena akhir-akhir gerakan penyalahgunaan ini sudah terorganisir dengan rapi oleh para bandar dan penggunanya,” bebernya.


Salah satu peserta workshop, Ahmad Himam Lutfi kepada NU Online Jateng, Selasa (28/6) pagi mengaku, kegiatan workshop semacam ini sangat bagus.


“Kerja sama antara GP Ansor dengan Polres memang harus disolidkan, lebih-lebih di bidang narkoba. Semoga ke depannya bisa diadakan kegiatan sosialisasi di tingkat pemuda, masyarakat ataupun pelajar,” ucap Bat Himam perwakilan dari PAC GP Ansor Pamotan.


Kanit 2 Resnarkoba Polres Rembang Ipda Tri Ariyadi dalam workshop membagikan 6 tips dalam menghindarkan diri dari narkoba antaralain tingkatkan iman dan taqwa.


“Siapkan mental anda untuk menolak bila ditawari narkoba, dan hati-hati dalam memilih teman bergaul,” bebernya.


Pria yang biasa disapa Ndan Tri ini menambahkan, belajar berkata tidak bila ditawari narkoba. “Selanjutnya, tingkatkan prestasi anda untuk mewujudkan cita-cita bakat demi masa depan tanpa narkoba dan yang terakhir lakukan kegiatan-kegiatan yang positif untuk menjauhkan diri dari narkoba,” pungkasnya.


Kegiatan ditutup dengan penyerahan plakat kenang-kenangan dari Baanar Kabupaten Rembang kepada Polres Rembang sebagai ucapan terima kasih yang disaksikan perwakilan Bidang Hukum, HAM, dan Baanar PAC GP Ansor se-Kabupaten Rembang.


Kontributor: Moh Lilik Wijanarko


Dinamika Terbaru