• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 9 Desember 2022

Taushiyah

Setiap Perilaku yang Baik adalah Sedekah

Setiap Perilaku yang Baik adalah Sedekah
KH Ahmad Niam Syukri Masruri
KH Ahmad Niam Syukri Masruri

Pada suatu hari, Rasulullah SAW mengajarkan agar di setiap hari yang matahari terbit di dalamnya, hendaknya seseorang untuk bersedekah. Ketika itu ada salah satu shahabat (yang papa) bertnya "bagaimana saya harus bersedekah setiap hari ya Rasul? sedangkan saya adalah orang yang tidak punya?".

 

Ternyata sedekah itu tidak harus berupa materi, sehingga orang yang papa pun bisa melakukannya. Karena setiap perbuatan baik adalah bagian dari sedekah, seperti memberi jalan orang yang hendak lewat,  menuntun orang tua yang membutuhkan bantuan dalam berjalan, menyeberangkan anak untuk melintasi jalan, dan kebaikan-kebaikan yang lain.

 

Hadits nabi:

 

   
وَعَنْ جَابِرٍ رضي الله عنه قَالَ: قاَلَ رَسُوْلُ اللَّهِ صلى الله عليه و سلم: “كُلُّ مَعْرُوْفٍ صَدَقَةٌ .” أَخْرَجَهُ الْبُخارِيُّ

 

Artinya: Dari Jabir RA dia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Seluruh perbuatan baik merupakan sedekah". (HR Al-Bukhari)

 

KH Ahmad Niam Syukri Masruri, Ketua Lembaga Kajian Informasi dan Dakwah (Elkid), Ketua PW GP Ansor Jateng tahun 1995, dan Sekretaris RMINU Jateng


Taushiyah Terbaru