• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Rabu, 18 Mei 2022

Taushiyah

Baju Putih Bersih Jangan Lagi Terkena Noda

Baju Putih Bersih Jangan Lagi Terkena Noda
Foto: Ilustrasi (nu online)
Foto: Ilustrasi (nu online)

Ibarat baju, baju kita saat ini putih bersih tak bernoda. Dengan berpuasa satu bulan di Bulan Ramadhan dan mengisi malam-malamnya dengan shalat tarawih dan tadarus Al-Qur'an yang dilanjutkan dengan shalat ied bersama lalu bermaaf-maafan telah mengantarkan kita kepada tingkatan muttaqin dan kembali kepada fitrah (idul fitri).


Tugas kita sekarang adalah menjaga bagaimana agar baju yang putih bersih itu tidak terkena noda, atau dengan kata lain bagaimana ketakwaan dan kefitrahan yang telah kita capai tetap terjaga. 


Dengan melanjutkan kebiasaan 'baik' (amal shaleh) yang selama ini dikerjakan di Bulan Ramadhan lalu cepat-cepat melakukan kebajikan ketika melakukan kesalahan (dosa) adalah merupakan salah satu cara menjaga dan melestarikan ketakwaan serta cara untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT.


Hadits nabi:
 

عَنْ أَبِي ذَرّ جُنْدُبْ بْنِ جُنَادَةَ وَأَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ مُعَاذ بْن جَبَلٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ، وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا، وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ “


Artinya:
Dari Abu Zar, Jundub bin Junadah dan Abu Abdurrahman, Muaz bin Jabal radhiallahuanhuma dari Rasulullah SAW bersabda : Bertakwalah kepada Allah di mana saja kamu berada, iringilah keburukan dengan kebaikan niscaya menghapusnya dan pergauilah manusia dengan akhlak yang baik. (Riwayat Turmuzi)


Penulis: HA Niam Syukri Masruri


Taushiyah Terbaru