• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 12 April 2024

SMA SMK MA

SMK Andalusia Wonosobo Luncurkan Bank Mini untuk Praktik Siswa

SMK Andalusia Wonosobo Luncurkan Bank Mini untuk Praktik Siswa
Kegiatan peresmian bank mini siswa SMK Andalusia Wonosobo (Foto: Dok)
Kegiatan peresmian bank mini siswa SMK Andalusia Wonosobo (Foto: Dok)

Wonosobo, NU Online Jateng
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Adalusia 1 Wonosobo sebuah lembaga pendidikan yang bernaung di bawah bendera LP Ma'arif NU membuat terobosan mendirikan bank mini sekolah sebagai media belajar para siswa jurusan akutansi dan keuangan lembaga.


Kepala SMK Andalusia Akhmad Sukron Khafifi mengatakan, kehadiran bank mini sebagai upaya untuk memenuhi praktikum siswa agar mampu membantu sekolah dalam hal keuangan dan untuk memfasilitasi siswa untuk menabung dan sebagai sumber belajar siswa terutama siswa Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga. 


"Bank Mini ini merupakan salah satu upaya sekolah dalam menambah konsentrasi baru pada Program Keahlian AKL yaitu konsentrasi layanan perbankan," ujarnya usai peresmian Kamis (22/2/2024) lalu.


Kepada NU Online Jateng, Selasa (27/2/3034) disampaikan, sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada di lingkungan belajar untuk dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran yang dapat mengoptimalkan hasil belajar. 


"Sumber belajar bisa dimanfaatkan oleh guru dan siswa dalam membantu melancarkan kegiatan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang diharapkan," ucapnya.
 


Sistem kerja Bank Mini lanjutnya, bekerja sama dengan PT BPR BKK Jateng Cabang Wonosobo yang pencatatan keuangannya telah dilaksanakan dengan program komputerisasi. Para  peserta didik menilai mempelajari bidang akuntansi memberikan banyak manfaat serta peluang pekerjaan setelah lulus dari SMK nantinya.


"Peluang pekerjaan ini antara lain staf dan pengelola keuangan, customer dan teller bank, serta wirausaha," ungkapnya.


Ketua PCNU Wonosobo KH Abdurrokhman Effendi menyampaikan, sekolah itu bisa diibaratkan seperti pasar, di mana di dalamnya harus memberikan beraneka ragam jajanan agar bisa menarik perhatian pembeli. 


"Apa yang telah dilakukan SMK Andalusia adalah terobosan baru sekolah untuk menggaet pihak luar teruma dari dunia perbankan untuk bekerja sama dan membuka konsentrasi baru sebagai upaya untuk melayani dan memfasilitasi siswa. Sekaligus sebagai upaya untuk menarik animo masyarakat dengan menyerdiakan sumber belajar siswa yang nyata,” pungkasnya.


Pengirim: Nayunda


SMA SMK MA Terbaru