• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 24 Februari 2024

Regional

RSINU Demak Siapkan Aksi Tahap Dua Cek Kesehatan Warga Terdampak Banjir 

RSINU Demak Siapkan Aksi Tahap Dua Cek Kesehatan Warga Terdampak Banjir 
Rakor tim NU Demak Peduli Bahas kelanjutan penanganan pasca-banjir (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)
Rakor tim NU Demak Peduli Bahas kelanjutan penanganan pasca-banjir (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)

Demak, NU Online Jateng
Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (RSINU) Demak akan menerjunkan tim kesehatan tahap 2 di beberapa titik lokasi bajir di wilayah Kecamatan Kebonagung dan Karanganyar Demak untuk melakukan cek. kesehatan warga terdampak


Direktur RSINU Demak dr H Abdul Azis mengatakan, penempatan Tim Kesehatan RSINU Demak mengacu pada asesment Tim NU Peduli PCNU Demak. Saat banjir melanda di wilayah perbatasan Demak dengan Grobogan (Kebonagung) yang disusul dengan wilayah yang berbatasan dengan Kudus (Karanganyar) ada tujuh titik penempatan di posko kesehatan.


"Tim kesehatan kami tugaskan untuk turun ke lapangan, jadwalnya 7 - 14 Februari. Jika masih dibutuhkan, maka kami akan menambah waktu untuk memberikan layanan kepada warga terdampak banjir," kata dokter Azis, di Demak, Ahad (11/2/2024)


Disampaikan, setelah melihat perkembangan layanan kesehatan untuk warga terdampak rasanya masih perlu dilanjutkan hingga memasuki masa paska bencana. Justru paska banjir layanan kesehatan sangat dibutuhkan.


Karena lanjutnya, problem kesehatan hampir pasti akan muncul karena kotornya fasilitas sanitasi yang memicu berjangkitnya berbagai penyakit seperti penyakit gatal, diare, flu, leptospirosis yang ditularkan air kencing tikus bercampur dengan air banjir dan sebagainya.
 


"Selama ini setiap hari manajemen RSINU Demak menurunkan dua tim kesehatan di 2 titik, sedang penempatannya mengikuti arahan dari Tim NU Peduli PCNU Demak," ujarnya.


Hingga kini sambungnya,  kerja-kerja bantuan dan layanan kepada warga terdampak oleh Tim NU Peduli berjalan lancar, kekompakan dan kolaborasi NU dengan berbagai elemen termasuk dengan Pemkab Demak berjalan baik.


PWNU Jateng melalui Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) PWNU Jateng Winarti mengapreasiasi kerja keras dan ikhlas Tim NU Peduli PCNU Demak yang sigap dan cepat dalam merespons berbagai dinamika yang terjadi di sekitar areal bencana.


"Kepada LPBI cabang di sekitar wilayah Demak seperti Kota Semarang, Kabupaten Kudus dan Kendal serta cabang lainnya di Jateng juga kami kondisikan untuk bersiaga, agar jika sewaktu-waktu dibutuhkan dapat digerakkan dengan cepat untuk membantu warga terdampak di Demak," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda


Regional Terbaru