• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 28 Mei 2024

Regional

RSINU Demak Terjunkan Tim Periksa Kesehatan Warga Terdampak Banjir Kali Tuntang

RSINU Demak Terjunkan Tim Periksa Kesehatan Warga Terdampak Banjir Kali Tuntang
Tim NU Peduli bergerak cepat memberikan pertolongan kepada warga terdampak banjir Kali Tuntang di Demak dan Grobogan (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)
Tim NU Peduli bergerak cepat memberikan pertolongan kepada warga terdampak banjir Kali Tuntang di Demak dan Grobogan (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)

Demak, NU Online Jateng
Tim Kesehatan Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (RSINU) Demak sebagai bagian dari Tim NU Peduli Tanggap Bencana Banjir PCNU Kabupaten Demak bergerak cepat memberikan pertolongan warga terdampak banjir di wilayah Kecamatan Kebonagung.


Direktur RSINU Demak dr H Abdul Azis mengatakan, pertolongan yang diberikan kepada warga terdampak banjir di wilayah Kebonagung yang berbatasan dengan wilayah Gubug Grobogan itu berupa pemeriksaan kesehatan di dua lokasi yakni di Masjid As-Suada dan Pesantren Asnawiyah, keduanya di Desa Pilang Wetan, Kebonagung.


"Selain layanan pemeriksaan kesehatan, kami juga memberikan pembekalan berupa edukasi untuk memelihara kesehatan dan mencegah munculnya potensi gangguan kesehatan di tengah kondisi banjir kepada warga terdampak," kata dokter Aziz di Demak, Rabu (7/2/2024).


Disampaikan, edukasi ditangani oleh para perawat RSINU Demak bersama dengan relawan Himpunan Perawat Nahdlatul Ulama (HPNU) dan Persatuan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) cabang Demak.


"Sedangkan layanan pengobatan dan perawatan warga yang sudah jatuh sakit selain ditangani tim medis yakni dokter dan perawat juga ditangani pegiat ruqyah Jamiyyah Ruqyah Ahlussunnah wal Jamaah (JRA) cabang Demak," ujarnya.
 


Ditambahkan, sebagian besar warga yang memperoleh layanan rawatan kesehatan didominasi warga berusia lanjut (lansia), sebagian ada yang bertahan di kediaman, karena tidak mampu berjalan ke posko kesehatan maka layanan diberikan dengan jemput bola atau tim medis mendatangi pasien di tempat tinggalnya.


"Layanan kesehatan akan dilanjutkan hingga situasi kondusif, yang jejas saat ini tim medis RSINU Demak telah menyiapkan layanan kesehatan pasca-banjir surut," ucapnya.


Wakil ketua PCNU Kabupaten Demak H Abdul Hamid mengapresiasi langkah yang diambil Tim NU Peduli PCNU Demak yang bergerak cepat sehingga dapat meminimalisasi jatuhnya korban akibat banjir Kali Tuntang yang terjadi sejak Selasa dinihari lalu.


"Tanpa mengabaikan peran dan upaya bidang lainnya, bidang kesehatan sangat responsif dalam upaya meminimalisasi jatuhnya korban akibat bencana banjir ini. Semoga seluruh tim diberi kekuatan dan kesabaran oleh Allah SWT dalam menjalankan misi kemanusiaan di Kebonagung," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda


Regional Terbaru