• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Rabu, 28 September 2022

Regional

SATU ABAD NU

PWNU Jateng Minta Data Utusan Cabang yang Hadir di Demak untuk Disiapkan Transit

PWNU Jateng Minta Data Utusan Cabang yang Hadir di Demak untuk Disiapkan Transit
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

Semarang, NU Online Jateng
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU)  Jawa Tengah meminta ke PCNU se-Jateng untuk mengirimkan daftar nama atau setidaknya jumlah utusan yang akan menghadiri istighotsah peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Masjid Agung Demak, Sabtu, 1 Muharram 1444 H (30/7) mendatang.


Katib Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah KH Munif Abdul Muchit mengatakan, daftar nama dan jumlah utusan dikirim langsung ke panitia daerah istighotsah tingkat Jateng yakni PCNU Demak.


"Ini untuk memudahkan panitia daerah atau PCNU Demak dalam menyiapkan fasilitas akomodasi dan transit saat peserta istighotsah utusan dari berbagai cabang NU di Jateng tiba di Demak," kata kiai Munif di Semarang, Jumat (22/7).


Dikatakan, karena acara dimulai ba'da Shalat Subuh, diperkirakan utusan cabang-cabang akan tiba di Demak pada hari Jumat (29/7) petang atau malam. Bahkan mungkin juga pada Sabtu (30/7) dinihari atau beberapa jam sebelum istighotsah dimulai.


"Kapanpun kedatangan mereka mesti harus disediakan fasilitas transit, apalagi dalam rombongan atau utusan cabang ada perwakilan dari fatayat dan muslimat NU yang tentunya membutuhkan fasilitas khusus atau terpisah dari fasilitas transit kaum laki-laki," terangnya.


Dia menambahkan, tentang fasilitas transit utusan cabang sudah menjadi pemikiran panitia pelaksana. Mengingat jadwal pelaksanaanya istighotsah setelah shalat subuh, maka hampir pasti kecuali cabang terdekat dari Demak akan datang pada hari Jumat.


"Karena itulah, wilayah menyarankan agar cabang-cabang berkoordinasi langsung dengan PCNU Demak dengan menginformasikan jadwal keberangkatan dan perkiraan kedatangannya di Demak," ucapnya.


Sekretaris PCNU Demak Abdul Hamid menjelaskan, informasi rencana kedatangan utusan cabang-cabang untuk mengikuti istighotsah agar disampaikan lebih awal, atau pada saat tiga hari sebelum acara atau pada Rabu (27/7) daftar dan jumlah urusan sudah dikirim ke panitia daerah atau PCNU Demak.


Menurutnya, dengan demikian panitia daerah memiliki data pasti atau fix jumlah utusan, hal ini akan mempermudah dan memperlancar panitia dalam menyiapkan fasilitas akomodasi dan transit.


"Sebelum menuju arena istighotsah, perwakilan utusan diharapkan berkoordinasi dengan Sekretariat PCNU Demak, selanjutnya akan diantar menuju transit yang telah ditentukan," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda


Regional Terbaru