• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Regional

SATU ABAD NU

NU Ranting Wonosalam Demak Siapkan Seribu Nasi Bungkus untuk Jamaah Istighotsah Satu Abad NU

NU Ranting Wonosalam Demak Siapkan Seribu Nasi Bungkus untuk Jamaah Istighotsah Satu Abad NU
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

Demak, NU Online Jateng
Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Desa Wonosalam, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak menyiapkan seribu bungkus nasi kuning dan air minum dalam kemasan untuk dibagikan kepada jamaah istighotsah dalam rangka peringatan 1 Muharram 1444 Hijriah dan 1 Abad NU di Masjid Agung Demak, Sabtu (30/7/2022) mendatang.


Ketua PRNU Wonosalam Kumaidi mengatakan, nahdliyyin di desanya tergerak untuk berkhidmah dan berpartisipasi mensukseskan istighotsah di Masjid Agung Demak agenda kegiatan perdana Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah dalam memperingati seabad usia NU yang berdiri pada tanggal 16 Rajab 1344 H.


"Informasi resmi organisasi belum kami terima, kami mengetahui akan diadakannya istighotsah seabad NU tingkat Jateng di Demak dari pemberitaan NU Online Jateng dan grup WA aktivis NU," kata Kumaidi kepada NU Online Jateng di Demak, Kamis (22/7).

Dijelaskan, biaya pengadaan seribu nasi bungkus itu berasal dari iuran sukarela nahdliyin ranting Wonosalam yang sangat berbahagia dan bersyukur bahwa Demak mendapat kehormatan menjadi tempat kegiatan perdana peringatan seabad NU yang diselenggarakan PWNU Jateng di Demak.


"1.000 nasi bungkus itu akan disiapkan di Alun-alun depan Masjid Agung Demak sebelum shalat subuh dan istighotsah dimulai. Agar proses distribusinya lancar sekaligus mempermudah koordinasi akan didirikan tenda posko distribusi," terangnya.


Dia menambahkan, posko akan didirikan di sisi selatan alun-alun, namun demikian untuk posisi posko dan rencana pendistribusian nasi bungkus untuk jamaah akan dikoordinasikan dengan panitia pelaksana.


"Kami akan berkomunikasi dan berkoordinasi dengan panitia agar semuanya berjalan lancar," ujarnya.


Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Demak H Abdul Hamid mengucapkan terima kasih kepada warga NU yang secara sukarela berpartisipasi aktif membantu pelaksanaan istighotsah ini.

"Apapun bentuk bantuan, dukungan dan partisipasi dari warga demi kesuksesan istighotsah kami ucapkan terima kasih, tentu semuanya itu harus dikomunikasikan dan dikoordinasikan dengan pantia pelaksana demi kelancaran acara ini," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda


Regional Terbaru