• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Senin, 17 Juni 2024

Regional

Putri Gus Mus, Ning Iyah Kembali Pimpin Fatayat NU Rembang

Putri Gus Mus, Ning Iyah Kembali Pimpin Fatayat NU Rembang
Kegiatan Konfercab Fatayat NU Rembang (Foto: NU Online Jateng/Lilik)
Kegiatan Konfercab Fatayat NU Rembang (Foto: NU Online Jateng/Lilik)

Rembang, NU Online Jateng
Putri Keempat Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) yang juga Pengasuh Pesantren Roudlatut Thalibin Leteh Rembang, Hj Raabiatul Bisyriyah kembali dipercaya untuk memimpin Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Rembang satu periode mendatang.


Terpilihnya Ning Iyah panggilan akrabnya melalui Konferensi Cabang (Konfercab) Fatayat NU tahun 2022 yang digelar di Pendopo Museum Kartini Rembang, Ahad (29/5).


Ketua terpilih Hj Raabiatul Bisyriyah mengaku, tidak ada keinginan sebenarnya untuk melanjutkan sebagai ketua di PC Fatayat NU Rembang. Namun karena hasil sidang berkata lain, dirinya siap kembali memimpin Fatayat NU Rembang.


"Tetapi saya mohon sahabat-sahabat berkenan membantu saya untuk ke depannya. Menjadi ketua itu tanggung-jawabnya sangat berat. Dukung saya, tegur saya kalau saya salah," tuturnya dengan tangis haru.


Ning Iyah sapaan akrabnya melanjutkan, yang mesti pihaknya lakukan yakni segera melakukan pengisian struktur organisasi oleh tim formatur. Sebab, pihaknya hanya diberi waktu selama tiga minggu untuk pengisian pengurus.


"Tadi sudah dibentuk tim formaturnya oleh pimpinan wilayah. Yakni dari tiga anak cabang, empat peserta (Konfercab), ketua terpilih, dan pengurus PC demisioner. Kita ditarget selesai tiga minggu, karena sebentar lagi akan ada rapat pimpinan di wilayah dan sebentar lagi juga ada Kongres Fatayat," jelasnya





Wakil Bupati Rembang H Mochamad Hanies Cholil Barro’ dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dengan terselenggaranya Konferensi Cabang (Konfercab) Fatayat NU Rembang hari ini (Ahad, Red).

“Selain menjadi sebagian tanda kepatuhan pada PD PRT organisasi, konferensi ini sekaligus menjadi bukti bahwa Fatayat NU Rembang aktif menjalankan program khidmahnya,” ucapnya. 


Gus Wabup demikian sapaan akrab Gus Hanies berharap melalui momentum konferensi ini, kepemimpinan Fatayat NU di masa mendatang bisa melahirkan kader-kader baru yang mandiri, berilmu, dan berakhlak mulia.


“Sehingga dapat memberikan sumbangsih pada pemerintah daerah maupun masyarakat umum,” pungkas Gus Hanies adik Menteri Agama RI H Yaqut Cholil Qoumas.


Ketua Pimpinan Sidang Pleno V perwakilan Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat NU Jawa Tengah (Jateng) Siti Maemunah mengatakan, dari enam nama tersebut nama Ning Iyah satu-satunya yang memperoleh jumlah suara melampaui ketentuan syarat sebagai calon ketua yakni 30 persen dari total seluruh suara. 


"Jumlah suara yang diperoleh yaitu 176 suara, dari total seluruh suara yang sebanyak 187 suara. Karena yang muncul calonnya tunggal, maka secara otomatis Ning Bisyriyah sebagai Ketua terpilih PC Fatayat NU Rembang Periode 2022-2027,” pungkasnya.


Dalam Konferensi yang bertajuk ‘Penguatan Pemberdayaan Perempuan dalam Meningkatkan Ekonomi Ummat’ tersebut, Ning Iyah berhasil meperoleh 176 suara dari 187 suara. Sementara kandidat Hannah Nur Shobani mendapatkan 7 suara, sedangkan Ayu Dwi Nurul Hidayah, Hartin Muntachobah, Nur Chasanah, dan Eva Nur Latifah masing-masing mendapat 1 suara.


Kontributor: Moh Lilik Wijanarko


Regional Terbaru