• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Regional

ISTIGHOTSAH SATU ABAD NU

NU Jateng Minta Delegasi PCNU Hadiri Istighotsah di Demak Didampingi Banser

NU Jateng Minta Delegasi PCNU Hadiri Istighotsah di Demak Didampingi Banser
Rakor persiapan istighotsah di Masjid Agung Demak (Foto: NU Online Jateng/Insan Al-Huda)
Rakor persiapan istighotsah di Masjid Agung Demak (Foto: NU Online Jateng/Insan Al-Huda)

Demak, NU Online Jateng
Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah H Mahsun meminta kepada peserta istighotsah dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Jateng didampingi Barisan Ansor Serbaguna (Banser) saat hadiri istighotsah 1 Abad NU di Masjid Agung Demak pada Sabtu (30/7/2022) mendatang.


"Ini dilakukan agar para utusan dari berbagai daerah merasa aman selama dalam perjalanan. Mengingat di KM 18 ada perbaikan jembatan yang berpotensi kemacetan arus lalu lintas, sehingga para delegasi bisa hadir sebelum acara tepat waktu," ujarnya.


Hal ini disampaikan Kiai Mahsun saat menghadiri rapat koordinasi PWNU Jateng dengan PCNU Demak dan panitia istighotsah di Demak pada Senin (25/7/2022) malam.


Dikatakan, meski lokasi acara di Masjid Agung terletak di pusat Kota Demak, penempatan personel Banser di titik-titik tertentu perlu dilakukan. Terutama rombongan PCNU yang memerlukan transit untuk sementara waktu.
  

"Perlu adanya Banser yang ditempatkan di pos-pos tertentu di Wilayah Kabupaten Demak sebagai petunjuk arah dalam perjalanan menuju ke lokasi acara," ucapnya.


Ketua PCNU Kabupaten Demak menjelaskan, usai menerima mandat sebagai tempat kegiatan istighotsah tingkat Jateng, pihaknya telah membentuk panitia berdasarkan kebutuhan yang dilengkapi seksi-seksi dengan melibatkan seluruh aktivis NU.


"Kami telah membentuk kepanitiaan dilengkapi dengan seksi-seksi yang saat ini terus melakukan berbagai persiapan. Alhamdulillah, panitia pelaksana langsung bekerja mempersiapkan segala sesuatunya yang diperlukan," terangnya.


Khusus dari Demak lanjutnya, seluruh pengurus MWCNU dan Banomnya juga dilibatkan. "Terkait dengan kehadiran peserta, kami telah menyiapkan transit untuk tamu dari luar kota di sekitar Masjid Agung," ungkapnya.


Dirinya meminta, setiap undangan dari PCNU dan Banom melaporkan kedatangan di Sekretariat PCNU Demak Jl Sultan Fatah Bintoro dan selanjutnya akan diantarkan oleh panitia di tempat transit. 


"Tradisi di Masjid Agung Demak, setelah shlat subuh melakukan shalat isyraf. Jadi acara istighotsah akan dimulai setelahnya dan diawali dengan membaca shalawat Nabi Muhammad Saw yang diiringi rebana, kemudian dimulai istighosah.


Pengirim: Insan Al-Huda


 


Regional Terbaru