• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Senin, 17 Juni 2024

Regional

MWCNU Susukan Banjarnegara Programkan Wakaf untuk Madrasah

MWCNU Susukan Banjarnegara Programkan Wakaf untuk Madrasah
Kegiatan lailatul ijtima' MWCNU Susukan Banjarnegara (Foto: NU Online Jateng/Triono)
Kegiatan lailatul ijtima' MWCNU Susukan Banjarnegara (Foto: NU Online Jateng/Triono)

Banjarnegara, NU Online Jateng
Lailatul ijtima' kegiatan rutin tiap bulan yang diselenggarakan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara yang berlangsung Jumat (16/12/2002) membahas rencana pembebasan lahan untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs Ma'arif NU 01 Susukan. 


Kegiatan yang dihelat di Pesantren Al-Husna Desa Brengkok, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara diisi dengan pembacaan Maulid Shimthudduror dengan diiringi oleh Majelis Jamrud Lides Susukan.


Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Susukan Kiai Arif machbub menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapa ibu yang telah menghadiri kegiatan Lailatul Ijtima MWCNU digelar secara rutin bulanan dengan lokasi yang berpindah-pindah.


"Semangat bersilaturahim jangan pernah pudar, lailatul ijtima adalah forum berkumpulnya warga NU untuk menginformasikan dan membahas berbagai hal, termasuk jika ada masalah-masalah yang perlu diselesaikan lewat forum ini," ujarnya.


Menurutnya, banyak hal yang bisa diselesaikan melalui majelis lailatul ijtima. Misalnya, masalah lahan untuk madrasah di MTs Ma'arif 01 Susukan yang memerlukan urun rembug bagaimana cara menyelesaikannya.


"Jadi sekali lagi saya ucapkan terima kasih. Karena kehadiran bapak, ibu, dan saudara adalah bagian dari solusi," terangnya.





Rais MWVNU Susukan KH Farhan Muntaha menjelaskan beberapa hal penting terkait kemajuan MTs Ma'arif NU 01 Susukan. Dirinya menyampaikan pentingnya keseriusan dan keberkahaan berkhidmat di jamiyah yang didirikan oleh para kekasih Allah SWT.


Dalam menceritakan tentang sosok kiai pencipta lambang NU serta pejuang kemerdekaan Republik Indonesia KH Ridwan Abdullah yang telah berpesan 'Jangan takut tidak makan kalau mengurusi NU. Yakinlah! Kalau sampai tidak makan, komplain aku jika masih hidup. Tapi kalau aku sudah mati, maka tagihlah ke batu nisanku'.


Forum lailatul ijtima dimanfaatkan untuk musyawarah terkait pengadaah tanah untuk pengembangan pendidikan MTsNU Susukan yang dipimpin Kiai Amirudin Achmad. Dikatakan, MTs Ma'arif NU 01 Susukan sendiri adalah lembaga pendidikan yang menjadi kebanggaan Warga Nahdliyyin di Susukan.


"MWCNU Susukan akan terus berupaya mendorong kemajuan demi kemajuan lembaga tersebut salah satunya adalah dengan memprogramkan perluasan lahan madrasah karena peserta didik dari tahun ke tahun yang semakin bertambah banyak sedangkan lahan yang ada sudah tidak mencukupi lagi untuk menunjang kegiatan belajar mengajar," ucapnya.


Dikatakan, program pembebasan lahan dibuka oleh MWCNU Susukan yang selanjutnya akan di tindak lanjuti dengan membuka program lelang pembebasan tanah wakaf MTs Ma'arif NU 01 Susukan kepada seluruh lapisan masyarakat


Pengirim: KM Triyono


Regional Terbaru