• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 24 Februari 2024

Regional

Lantik Pengurus Ranting NU Bageng, Ketua PCNU Pati Harap Ada Percepatan Program

Lantik Pengurus Ranting NU Bageng, Ketua PCNU Pati Harap Ada Percepatan Program
Kegiatan pelantikan PRNU Bageng, Gembong, Kabupaten Pati (Foto: NU Online Jateng/Hery)
Kegiatan pelantikan PRNU Bageng, Gembong, Kabupaten Pati (Foto: NU Online Jateng/Hery)

Pati, NU Online Jateng
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pati KH Yasuf Hasyim mengingatkan pentingnya mengelola organisasi NU di tingkat ranting atau desa. Pasalnya, pengurus ranting merupakan ujung tombak NU dalam melayani umat.


"Sebagai salah satu organisasi masyarakat (ormas) Islam terbesar di Indonesia memiliki potensi besar dalam meningkatkan kesejahteraan umat. Sehingga peran para pengurus ranting memiliki andil yang besar," ujarnya.


Hal itu disampaikan KH Yusuf Hasyim saat melantik Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (NU) Desa Bageng, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati masa khidmat 2023-2028 pada Ahad (26/11/2023) di aula balai desa setempat. 


Disampaikan, potensi besar dimiliki NU berada di ranting-ranting NU. Oleh karena itu sebagai ujung tombak organisasi, NU Ranting memilki andil yang sangat besar dalam melahirkan kader-kader yang berkualitas.


"Seperti di Desa Bageng ini, kita memiliki kader-kader yang luar biasa sehingga kami harapkan ada percepatan dalam melakukan program-program yang bermanfaat dalam melayani umat," ucapnya.


Ketua PRNU Bageng periode 2023-2028 Kiai Jumari kepada NU Online Jateng, Senin (4/12/2023) menjelaskan, usai dilantik dirinya bersama seluruh jajaran pengurus segera mengadakan konsolidasi untuk percepatan program yang telah diputuskan.


"Program unggulan yang bakal menjadi prioritas awal adalah membentuk Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah sebagai unit pengelola infaq, zakat dan sedekah tingkat ranting Desa Bageng untuk menggalang, menghimpun, dan menyalurkan dana," terangnya.


Selain itu lanjutnya, pihaknya juga akan menaruh kotak koin NU di pusat-pusat perbelanjaan di toko-toko milik warga kemudian dari dana yang terkumpul kita akan mengelolanya melalui program bakti pendidikan dengan santunan untuk anak yatim atau para pelajar kurang mampu di Bageng.


"Kami juga akan mengalokasikan dana santunan kematian untuk warga nahdliyin di Desa Bageng serta penggalangan dana untuk saudara-saudara kita yang tertimpa musibah bencana alam di wilayah Kabupaten Pati," pungkasnya.


Pengirim: Hery


Regional Terbaru