• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Kamis, 23 Mei 2024

Pesantren

Pesantren Al-Inaaroh Batang Buka Pendaftaran Santri Baru, Ini Syaratnya

Pesantren Al-Inaaroh Batang Buka Pendaftaran Santri Baru, Ini Syaratnya
Foto kegiatan Jami'ah Al-Inaaroh Batang (Foto: Dok)
Foto kegiatan Jami'ah Al-Inaaroh Batang (Foto: Dok)

Batang, NU Online Jateng
Pesantren Al-Inaaroh Wonotunggal, Kabupaten Batang membuka pendaftaran santri baru tahun ajaran 2024/2025 untuk jenjang pendidikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) takhassus.


Pengasuh Pesantren Al-Inaaroh Wonotunggal KH Muhammad Luthfi mengatakan, jenjang pendidikan di pesantren yang diasuhnya merupakan 1 paket dengan nama 'Jami'ah Al-Inaaroh.' Di mana model pembelajarannya berkelanjutan MTs dan MA selama 6 tahun.


"Jenjang ini hanya alternatif, agar pembelajarannya tuntas. Namun demikian, jika ada santri hanya ingin menjalani pembelajaran selama 3 tahun bisa dilakukan," ujarnya kepada NU Online Jateng, Selasa (7/5/2024)


Disampaikan, salah satu mekanisme registrasi untuk masuk ke Jami'ah Al-Inaaroh adalah dengan jalur-jalur pendaftaran tertentu. Seperti pendaftaran pra gelombang, gelombang 1, 2 yang telah berjalan sejak awal pembukaan PPDB Jami'ah Al-Inaaroh. kemudian ada jalur prestasi, rekomendasi serta reguler yang sedang dibuka hingga Juni mendatang.


"Dari mekanisme di atas, ada beberapa keuntungannya masing-masing. Dan setiap mekanisme registrasi untuk masuk ke Jami'ah Al-Inaaroh baik itu tingkat MTs maupun MA terdapat beberapa perbedaan," ucapnya.


Perbedaan mencolok yang perlu calon santri ketahui adalah ketika hendak masuk ke MTs Takhassus Al-Inaaroh atau sebagai biaya awal pendaftaran yaitu biaya untuk formulir pendaftaran sebesar Rp100.000, uang gedung sebesar Rp4.750.000, dan seragam MTs sebesar Rp750.000.
 


"Untuk biaya awal masuk ke MA Takhassus Al-Inaaroh dengan catatan melanjutkan dari MTs Takhassus Al-Inaaroh ( bukan dari tingkat satuan pendidikan setara SMP/MTs dari lembaga lain selain MTs Takhassus Al-Inaaroh) biaya registrasi sebesar Rp2.200.000 dan biaya seragam MA sebesar Rp750.000," terangnya.


Jika calon santri/peserta didik lanjutnya,  yang baru akan bergabung dengan MA Takhassus Al-Inaaroh bukan dari MTs Takhassus Al-Inaaroh maka pembayaran awal masuk ada biaya formulir pendaftaran sebesar Rp100.000 dan uang gedung sebesar 4.200.000. 


"Inilah yang menjadi pembeda antara mekanisme registrasi untuk masuk ke Jami'ah Al-Inaaroh, khususnya yang akan mendaftar di MA Takhassus Al-Inaaroh selain dari MTs Takhassus Al-Inaaroh," ungkapnya.


Perlu diketahui bahwa biaya pendidikan perbulan baik di MTs dan MA Takhassus Al-Inaaroh sebesar Rp800.000 sudah termasuk untuk konsumsi makan sehari tiga kali, biaya sekolah dan biaya pesantren selama 1 bulan.


Berikut syarat dan ketentuan penerimaan peserta didik baru (PPDB) Pesantren Al-Inaaroh tahun 2024/2025

  1. Mengisi Formulir pendaftaran offline di kantor atau melalui online.  
  2. Membayar biaya pendaftaran Rp100.000 
  3. Konfirmasi pembayaran ke panitia PPDB WA 0877 2241 6981 (MA) atau 0882 2767 2743 (MTs)
  4. Menyerahkan Fotokopi SKL/ijazah MI/SD, dan atau MTs/SMP yang sudah dilegalisir, tahun ajaran 2022-2023 (2 rangkap)
  5. Fotokopi KK (2 rangkap)
  6. Fotokopi Akte Kelahiran (2 rangkap)
  7. Foto 3x4 sebanyak 4 lembar. Putra memakai peci dan putri memakai jilbab.
  8. Menunjukkan buku rapor asli
  9. Seluruh berkas pendaftaran dimasukkan ke dalam stopmap warna kuning (MTs) dan wrna biru (MA)
  10. Sanggup mentaati peraturan dan tata tertib Jami’ah Al-Inaaroh
  11. Materi tes secara umum; tes potensi akademik, baca Al-Qur’an, pemahaman tajwid dan membaca pegon
  12. Menyertakan sertifikat prestasi akademik/non akademik apabila ada.


Penulis: M Ngisom Al-Barony


Pesantren Terbaru