Dosen Unwahas Gelar Penelitian Kolaborasi dengan Unisnu Jepara, Kembangkan Interactive English Story Book Berbasis Digital
Senin, 9 September 2024 | 17:00 WIB
Semarang, NU Online Jateng
Dosen Bahasa Inggris Universitas Wahid Hasyim (UNWAHAS) Semarang melaksanakan penelitian kolaboratif dengan Universitas Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara, pada Senin (9/9/2024). Penelitian ini bertajuk “Pengembangan Interactive English Story Book Berbasis Digital untuk Meningkatkan Personalized Learning Siswa SD”, bertujuan untuk menciptakan solusi inovatif dalam pembelajaran bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar.
Penelitian ini berfokus pada pengembangan buku cerita interaktif berbasis digital yang dirancang untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris dengan pendekatan yang lebih personal. Buku ini akan memanfaatkan teknologi digital untuk menyediakan konten yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan masing-masing siswa, sehingga mendukung pembelajaran yang lebih efektif dan inklusif.
Ulya Himawati, selaku dosen sekaligus Kepala UPT Bahasa UNWAHAS dan ketua tim peneliti menjelaskan bahwa penelitian ini bertujuan untuk mengatasi tantangan dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar dengan menciptakan materi yang lebih menarik dan adaptif.
“Buku cerita interaktif berbasis digital ini diharapkan dapat membuat proses belajar bahasa Inggris lebih menyenangkan dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa, yang pada gilirannya akan mendukung pembelajaran yang lebih personal dan efektif,” ujar Ulya.
Ia menjelaskan, buku cerita ini dirancang untuk menyediakan fitur-fitur seperti audio interaktif, animasi, dan kuis yang disesuaikan dengan kemampuan siswa, sehingga dapat memenuhi berbagai gaya dan kebutuhan belajar. Melalui pendekatan ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami dan menguasai bahasa Inggris.
Para peneliti bekerja sama dengan guru dan praktisi pendidikan untuk memastikan bahwa buku yang diterbitkan sesuai dengan kebutuhan siswa dan dapat diterapkan secara efektif di kelas.
Proyek ini juga mendukung implementasi kurikulum Merdeka Belajar dengan memberikan alat bantu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa, memungkinkan guru untuk menerapkan metode pembelajaran yang lebih fleksibel dan sesuai dengan potensi masing-masing siswa.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan metode pembelajaran bahasa Inggris yang lebih inklusif dan efektif. Setelah fase pengembangan dan uji coba, tim peneliti akan melakukan evaluasi untuk mengukur dampak dari penggunaan buku cerita interaktif ini terhadap hasil belajar siswa.
“Kami berharap hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat nyata bagi siswa, guru, dan lembaga pendidikan. Ini adalah langkah penting menuju penciptaan pendidikan yang lebih inklusif dan berkualitas,” ucap Gadis Herningtyas, selaku anggota tim penelitian.
Terpopuler
1
Jadwal Kepulangan Jamaah Haji Asal Jawa Tengah dan DIY Gelombang 2
2
5,5 Juta Antrean Berangkat Haji, BP Haji Siapkan Langkah Audit Data Antrean
3
Pitutur, Dawuh, dan Parenting ala Nyai Hj Djamilah Hamid Baidlowi
4
LESBUMI PWNU Jateng Gelar Syi’ar Muharram 1447 H: Mematri Spiritualitas, Membangun Peradaban Bangsa
5
Ketua PCNU Klaten Terpilih Rumuskan Strategi Penguatan Organisasi Pasca Konfercab XVII
6
Unwahas Siapkan Beasiswa untuk Atlet Paralayang Berprestasi
Terkini
Lihat Semua