• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 16 April 2024

Obituari

Innalillahi, Wakil Rais MWCNU Larangan Brebes KH Fahruri Wafat

Innalillahi, Wakil Rais MWCNU Larangan Brebes KH Fahruri Wafat
Almaghfurlah KH Fahruri (Foto: Dok)
Almaghfurlah KH Fahruri (Foto: Dok)

Brebes, NU Online Jateng
Innalillahi wainna ilaihi rajiun, kabar duka menyeliputi keluarga besar Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Larangan, Kabupaten Brebes. Salah satu Wakil Rais MWCNU Larangan KH Fahruri meninggal dunia dalam usia 75 tahun pada Kamis (28/3/2024).


Kabar duka beredar luas melalui Whatsapp (WA) grup alumni MTs As Assalafiyah Sitanggal Kec Larangan Kab Brebes maupun platform media sosial lainnya.


Sekretaris MWCNU Wanasari Akhmad Sururi mengatakan, almarhum KH Fahruri pernah mengajar fiqih saat dirinya belajar dii Madrasah Tsanawiyah (MTs) As-Salafiyah Sitanggal. Disampaikan, saat wafat Kiai Fahruri masih menjabat sebagai wakil rais.


"Kiai Fahruri seorang guru yang alim di bidang fiqih. Lebih dari itu separo hidupnya dengan pengabdian di MTs As-Salafiyah sampai purna istiqamah ngajar fiqih," ujarnya. 


Disampaikan, Kiai Fahruri purna dari pengabdian dari MTs saat sudah sepuh kurang lebih pada usia 67 tahun. Hal tersebut karena penyakit pengapuran pada tulang di kakinya memaksa dirinya harus istirahat di rumah. 


"Kompetensi di bidang ilmu fiqih tidak diragukan lagi dibuktikan saat menerangkan mapel Fiqih begitu gamblang dan mudah difaham oleh murid muridnya. Di hadapan siswa MTs saat mengajar  tegas dengan suara yang khas lantang, sehingga di ruang kelas tidak ada yang mengantuk. 


"Di luar kelas sangat akrab dengan siswa-siswi sehingga terkenang oleh hampir seluruh siswa-siswi MTs As-Salafiyah Sitanggal," ucapnya.


Sebagai alumni Pesantren Tebuireng Jombang, KH Fahruri di samping secara geneologis keilmuannya bersambung dengan KH Hasyim Asyari sanad ke NU an juga mutasil dengan Pendiri NU. 


"Itulah yang menyebabkan sepulang dari Pesantren Tebuireng langsung aktif bergabung bersama dengan PC GP Ansor Kab Brebes. Menurut penuturan Istri Beliau Hj Samroh, KH Fahruri saat masih muda aktif dengan kegiatan Ansor tingkat Kabupaten Brebes," ungkapnya.


Selamat jalan guru fiqih yang tegas dan penuh kasih sayang dengan siswa siswinya. Lahul Fatihah


Pengirim: Akhmad Sururi


Obituari Terbaru