• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Rabu, 18 Mei 2022

Nasional

PWNU Jateng-Telkom Tandatangani MoU Pemanfaatan Digitalisasi Ekosistem Pertanian

PWNU Jateng-Telkom Tandatangani MoU Pemanfaatan Digitalisasi Ekosistem Pertanian
PWNU Jateng jalin kerjasama dengan Telkom (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)
PWNU Jateng jalin kerjasama dengan Telkom (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)

Semarang, NU Online Jateng 
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah melalui unit usahanya, Koperasi Jagad Kasih Kamulyan (JKK) Holding menjalin kerja sama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Divisi Regional (Divre) IV Jateng/DIY dalam pemanfaatan Digitalisasi  Ekosistem Pertanian Layanan Agree.


Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan kerja sama kedua pihak dilakukan di ruang rapat Sekretariat PWNU Jateng Jl Dr Cipto 180 Semarang, Rabu (11/5). Pihak Telkom Diwakili Executive Vice Presiden Marketing Telkom Regional IV, Firmansyah dan dari JKK Holding diwakili Abdul Munib (ketua).


Ketua PWNU Jateng KH Muhammad Muzammil mengatakan, kerja sama Telkom dengan PWNU Jateng ini diharapkan dapat membawa kemaslahatan kepada jamaah Nahdliyin. Khususnya peningkatan ilmu, wawasan, dan keterampilan di dalam mengarungi kehidupan yang semakin hari semakin berubah. 


"Dengan adanya teknologi yang semakin canggih, maka mau tidak mau santri dan nahdliyin harus bisa beradaptasi untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, sehingga kehidupannya bisa dimudahkan oleh Allah SWT dalam hal transaksi ekonomi juga dalam hal siar Islam Ahlussunnah wal jamaah," kata Muzamil.


EVP Digital Bussiness & Technology, Saiful Hidayat mengatakan kolaborasi antara Telkom dan PWNU Jateng didasari oleh cita-cita yang sama, yaitu memberdayakan para petani dan pelaku usaha agrobisnis, termasuk warga NU yang masuk ke dalam naungan JKK Holding, agar semakin maju, mandiri, dan modern, serta berjiwa kewirausahaan. 


"Langkah perwujudan yang ditempuh adalah dengan cara memanfaatkan platform Agree, produk digital di bawah payung Leap-Telkom Digital. Rencana kerja sama harus segera ditindaklanjuti," ucapnya.





Karena ujarnya, misi Telkom juga sama dengan visi yang ada di Nahdlatul Ulama. Telkom hadir untuk meningkatkan kesejahteraan dan daya saing bangsa. Platform Agree berkompeten untuk membantu pengembangan ekosistem digital di sektor pertanian, perikanan, dan peternakan dari hulu sampai ke hilir. 


"Lewat kerja sama ini Telkom akan membantu JKK Holding dalam pengembangan teknologi budidaya dan riset, solusi permodalan, serta utilitas aset milik para petani dan pelaku agrobisnis," pungkasnya.


Turut menyaksikan acara ini EVP Digital Bussiness & Technology, Saiful Hidajat; Head of Digital Vertical Ecosystem Agriculture, Hikmatullah Insan Purnama; Tribe Leader Agriculture & Farm, Zuhed Nur; SM Digital Partnership Management, Dedy Kurniadhie; SM Digital Market Management, Dody Djunaedi; dan OSM Telkom Regional 4 Enterprise, Government & Business, Wijayanto. 


Sementara dari PWNU Jateng turut hadir di antaranya KH Ubaidullah Shodaqoh (Rais), KH Mohammad Muzammil (Ketua), KH Hudallah Ridwan Naim (Sekretaris), Ahmad Fauzi (Wakil Bendahara) dan sejumlah pengurus koperasi JKK.


Penulis: Samsul Huda


Nasional Terbaru