• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Dinamika

Perkuat Kaderisasi Pelajar NU dengan Lakmud

Perkuat Kaderisasi Pelajar NU dengan Lakmud
sambutan acara di MWCNU Weleri
sambutan acara di MWCNU Weleri

Kendal, NU Online Jateng
Kaderisasi pelajar Nahdlatul Ulama (NU) harus berjalan berkesinambungan. Setelah mengikuti Masa Kesetiaan Anggota (Makesta), mereka yang aktif dalam Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) ‎dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) dapat melanjutkan ke jenjang selanjutnya, yakni Latihan Kader Muda (Lakmud).

 

"Lakmud ini untuk ‎memperkuat kaderisasi dengan target keluaran menjadi kader yang militan, kompeten dan loyal terhadap organisasi," kata Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU Kecamatan Weleri, Tri Farid Khan kepada NU Online Jateng, Ahad (27/12).

 

Lakmud yang berlangsung di Gedung Majelis ‎Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Weleri, Kabupaten Kendal tersebut diharapkan dapat menghasilkan pelajar yang memiliki kemampuan memimpin dan mengelola organisasi pelajar agar terus mengalami perbaikan.

 

"Ini merupakan ‎progam kerja di akhir masa khidmah kami sebagai pengurus. Jadi, kami harap bisa menghasilkan kader yang lebih ‎baik dari kami dalam meneruskan perjuangan organisasi," ungkapnya.



Tak berhenti di situ, Tri pun berharap lulusan kaderisasi tingkat kedua tersebut tetap giat dan melanjutkan kaderisasi selanjutnya, yakni ‎Latihan Kader Utama (Lakut) di tingkat Cabang.‎ "Semoga adik-adik tetap istiqamah dan mengikuti urutan kaderisasi yang ada," harapnya.

 

Sementara, Wakil Sekretaris MWCNU Weleri, Kiai Farikhin menyebut tekad para penerus bangsa tersebut sangat kuat, bahkan di masa pandemi masih melakukan kaderisasi dengan baik. Penerapan protokol kesehatan dalam kegiatan tersebut juga tak mengganggu niat menggapai tujuan berorganisasi di badan otonom NU tersebut.

 

"IPNU dan IPPNU ini merupakan anak paling bontot dalam organisasi NU, ‎walaupun masih dalam masa pandemi tapi tidak mengeluh kepada kakaknya Ansor ‎maupun kepada MWCNU sebagai orang tuanya," ucapnya.‎

 

Oleh karena itu, ia berharap IPNU dan IPPNU dapat ‎melanjutkan estafet perjuangan NU di masa mendatang.‎ "Mudah-mudah anak-anak istiqamah di NU, jadi santrinya Mbah Hasyim Asy'ari dari IPNU ke Ansor, yang IPPNU nantinya juga bergabung ke dalam Fatayat NU," tuturnya.

 

 

Kontributor: Firdaus Kurniawan/Zainul Mufti
Editor: Ahmad Hanan


Dinamika Terbaru