• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 28 Mei 2024

Dinamika

Ansor Tirto Pekalongan Ziarah ke Waliyullah dan Muassis NU di Jatim

Ansor Tirto Pekalongan Ziarah ke Waliyullah dan Muassis NU di Jatim
Ansor Tirto, Kabupaten Pekalongan lakukan ziarah ke Jawa Timur (Foto: NU Online jateng/Yusuf)
Ansor Tirto, Kabupaten Pekalongan lakukan ziarah ke Jawa Timur (Foto: NU Online jateng/Yusuf)

Pekalongan, NU Online Jateng
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan beserta rombongan mengadakan ziarah waliyullah Jawa Timur selama 2 hari, Rabu-Kamis (17-18/4/2024).


Ketua PAC GP Ansor Tirto Sofikhul Islah mengatakan, diadakannya acara ziarah untuk mengenang dan kirim doa pada pendiri NU dan salah satu tujuannya untuk menyambut hari lahir GP Ansor pada 24 April nanti. 


"Beberapa hari lagi atau tepatnya 24 April tahun 2024 ini GP Ansor akan berusia 90 tahun, maka perjalanan ziarah ini sebagai refleksi mengenang para pendiriannya sekaligus memperingati hari lahirnya," ucapnya.


Disampaikan, pentingnya meneladani para pengurus pendahulu yang telah berjasa besar terhadap berdirinya GP Ansor. "Apapun pencapaian PAC Ansor Tirto bukanlah hasil dari ketua atau pengurus saja, melainkan teladan dari dewan penasihat kita yang hebat-hebat. dan tentunya tak lepas dari peran serta sahabat-sahabat sekalian,” imbuhnya.


Ketua Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor Tirto Ustadz Sumairi kepada NU Online Jateng Jumat (19/4/2024) menjelaskan, kegiatan ziarah berlangsung selama 2 hari dengan berbagai tujuan yang ada di Jawa Timur dan Madura.


“Di antaranya ke makam Sunan Ampel Surabaya, makam KH Ahmad Asrori Kedinding Surabaya, komplek pemakaman Pesantren Tebuireng Jombang, KH Wahab Hasbullah Jombang, dan  Muhammad Kholil bin Abdul Latief atau Mbah Kholil Bangkalan,” terangnya.


Perjalanan ziarah diawali dengan mengunjungi makam Habib Ahmad al-Athos di Sapuro, Kota Pekalongan. Acara ziarah yang dipunggawai oleh Ustadz Sumairi MDS Rijalul Ansor Tirto.


Pengirim: Yusuf Bahtiar, Khairul Anwar


Dinamika Terbaru