• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Taushiyah

Para Pencari Ilmu Dipamerkan di Hadapan Penduduk Langit

Para Pencari Ilmu Dipamerkan di Hadapan Penduduk Langit
Para pencari ilu di pesantren (nu online)
Para pencari ilu di pesantren (nu online)

Kalau engkau memamerkan sesuatu kepada orang lain, berarti engkau suka terhadap suasuatu itu. Kalau engkau selalu menceritakan kebaikan seseorang kepada orang lain berarti engkau suka kepada orang itu.

   
Begitu juga Allah yang selalu memamerkan orang-orang yang mendatangi majelis ilmu (pencari ilmu) kepada penduduk langit (hambanya yang berada di sisinya ~ malaikat) tentang kebaikannya, berarti Allah menyukai orang-orang itu.


Hadits nabi, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda


وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَه

Artinya:
Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid) membaca Kitabullah dan saling mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), mereka akan dinaungi rahmat, mereka akan dilingkupi para malaikat dan Allah akan menyebut mereka di hadapan para makhluk yang ada di sisi-Nya. (HR Muslim)


Penulis: H Ahmad Niam Syukri Masruri


Taushiyah Terbaru