• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 24 Februari 2024

Taushiyah

Dunia yang Mempesona

Dunia yang Mempesona
Foto: Ilustrasi (AkuPaham)
Foto: Ilustrasi (AkuPaham)

Dunia itu indah dan manis sehingga setiap mata yang memandang tertarik kepadanya lalu ingin mendapatkan, atau istilah lain dunia itu mempesona. Keberadaan dunia yang indah dan manis oleh Allah disediakan untuk manusia dan dikuasakan kepadanya untuk mengelola.

   
Dengan menguasakan dunia kepada manusia, maka Allah akan melihat bagaimana manusia berbuat lalu mempertanggungjawabkan. Rasulullah saw mewanti-wanti agar manusia selalu berhati-hati terhadap dunia dan wanita, karena fitnah (yang menyebabkan kehancuran) bagi mausia di muka bumi ini adalah wanita.


Hadits nabi:


عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبيّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إِنَّ الدُّنْيَا حُلْوَةٌ خَضِرَةٌ وَإِنَّ اللَّهَ مُسْتَخْلِفُكُمْ فِيهَا، فَيَنْظُرُ كَيْفَ تَعْمَلُونَ، فَاتَّقُوا الدُّنْيَا، وَاتَّقُوا النِّسَاءَ، فَإِنَّ أَوَّلَ فِتْنَةِ بْنِي إِسْرَائِيلَ كَانَتْ فِي النِّسَاء


Artinya:
Dari Abi Sa'id Al-Khudlri Ra dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya dunia ini manis dan indah. Dan sesungguhnya Allah Azza wa Jalla menguasakan kepada kalian untuk mengelola apa yang ada di dalamnya, lalu Dia melihat bagaimana kalian berbuat. Oleh karena itu, berhati-hatilah terhadap dunia dan wanita, karena fitnah yang pertama kali terjadi pada Bani Israil adalah karena wanita. (HR Muslim, Ahmad dan Nasai)


Penulis: H Ahmad Niam Syukri Masruri


Taushiyah Terbaru