• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Senin, 17 Juni 2024

Regional

Tingkatkan Kapasitas Kebencanaan, LPBINU Magelang Gelar Pelatihan Khusus

Tingkatkan Kapasitas Kebencanaan, LPBINU Magelang Gelar Pelatihan Khusus
Kegiatan pelatihan penanganan kebencanaan oleh LPBINU Magelang (Foto: NU Online Jateng/Thoyyib)
Kegiatan pelatihan penanganan kebencanaan oleh LPBINU Magelang (Foto: NU Online Jateng/Thoyyib)

Magelang, NU Online Jateng
Dalam rangka meningkatkan kapasitas relawan penanganan kebencanaan dan pengelolaan manajemen, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kabupaten Magelang menggelar 'Pelatihan Penanggulangan Kebencanaan' pada Sabtu (27/8/2022)


Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung PCNU Kabupaten Magelang para peserta dibekali materi tentang manajemen posko, tim reaksi cepat, SAR (Search and Rescue), dapur umum, dan pertolongan pertama gawat darurat.


Dalam acara pembukaan Pelatihan Kebencanaan LPBI dihadiri oleh Rois Syuriyah dan Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Magelang KH Toha Mansur dan KH Ahmad Izzudin beserta jajaran dan Badan Otonom PCNU Kabupaten Magelang; Ketua LPBI-PWNU Jawa Tengah, Winarti; BPBD Kabupaten Magelang, PMI Kabupaten Magelang dan Basarnas Kabupaten Magelang.


Ketua LPBINU Kabupaten Magelang Sularno mengatakan, kegiatan pelatihan untuk peningkatkan kemampuan penanggulangan bencana yang diikuti delegasi dari masing-masing Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-Kabupaten Magelang.


"Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperkuat kapasitas LPBI tingkat MWC se-Kabupaten Magelang dalam menginterpretasikan kegiatan penanganan darurat secara efektif dalam mengendalikan penyebab bencana, dan menanggulangi dampak pada suatu keadaan darurat,” ujarnya.



 

Disampaikan, dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan pengurus dan relawan LPBI NU Kabupaten Magelang ketika melakukan respons bencana.


"Seperti tanah longsor, angin puting beliung, banjir bandang, dan rutinitas gunung berapi," ucapnya.


Ketua Panitia Pelatihan LPBINU Kabupaten Magelang Mardan kepada NU Online Jateng, Senin (29/8/2022) menjelaskan, kegiatan pelatihan diikuti oleh 86 peserta. "Berasal dari 21 Perwakilan MWC se-Kabupaten Magelang. Kegiatan ini diselenggarakan mulai hari Sabtu-Ahad, 27-28 Agustus 2022 kemarin," jelasnya.


Tidak hanya SDM lanjutnya, kesiapan LPBINU Kabupaten Magelang dalam menanggapi situasi kebencanaan sudah didukung dengan peralatan mumpuni untuk dapur umum, SAR, Pertolongan Pertama Gawat Darurat, Logistik, dan transportasi cepat tanggap yang didukung penuh oleh PCNU Kabupaten Magelang.


"Total Pengurus dan Relawan LPBI PCNU Kabupaten Magelang saat ini sebanyak 250 orang yang tersebar di penjuru Kabupaten Magelang. Terutama pada lingkar Gunung Merapi dan lingkar Gunung Merbabu," pungkasnya.


Pengirim: Thoyyib Rizqi


Regional Terbaru