• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Senin, 17 Juni 2024

Regional

Pramuka Madrasah Aliyah NU Demak Sosialisasi Bahaya Narkoba

Pramuka Madrasah Aliyah NU Demak Sosialisasi Bahaya Narkoba
Pramuka MANU Demak dibekali bahaya narkoba (Foto: NU Online Jateng/Rahmad Saleh)
Pramuka MANU Demak dibekali bahaya narkoba (Foto: NU Online Jateng/Rahmad Saleh)

Demak, NU Online Jateng
Gerakan Pramuka Gugus Depan 11.049-11.050 Ambalan Hasyim Asy'ari-Masyitoh yang berpangkalan di Madradah Aliyah Nahdlatul Ulama (MANU) Demak menggelar kegiatan sosialisasi 'Bahaya Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Pramuka Penegak'.


Kepala MANU Abdul Halim yang juga Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) Gerakan  Pramuka Penegak Ambalan Hasyim Asy'ari-Masyithoh Kabupaten Demak mengatakan, kegiatan sosialisasi diikuti 200 anggota pramuka penegak gudep yang berpangkalan di satuan pendidikan yang dipimpinnya.


"Pendidikan kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler di MANU Demak wajib diikuti  peserta didik. Lewat pramukalah diinternalisasikan nilai ketuhanan, kebudayaan, kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, dan kemandirian para peserta didik," kata Halim.


Abdul Halim mengatakan hal itu dalam sosialisasi sosialisasi 'Bahaya Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Pramuka Penegak' di pangkalan Gudep yang dipimpinnya beretempat di Aula MANU Demak Jumat (16/9/2022).


Dikatakan, MANU Demak sebagai salah satu pangkalan gugus depan bagi anggota gerakan pramuka penegak senantiasa melakukan berbagai macam inovasi kegiatan kepramukaan. Kali ini menggelar sosialisasi bahaya narkoba.


"Dalam sosialisasi ini kami menjalin kerja sama dengan Gerakan Rakyat Anti Madat (Geram) organisasi nirlaba yang bergerak di bidang pendampingan masyarakat dalam mencegah berbagai penyakit masyarakat (pekat) salah satunya narkoba," terangnya.





Ketua Geram Demak Muhammad Ali Maskun kepada NU Online Jateng, Sabtu (17/9/2022) menjelaskan, sosialiasi bahaya narkoba untuk memberikan edukasi dan advokasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba yang bisa saja menyasar ke kalangan remaja seusia anggota pramuka penegak.


"Geram Demak saat ini terus bergerak bergandengan erat dengan kepolisian dan sejumlah elemen mayarakat berupaya membentengi masyarakat dari ancaman narkoba. Kali ini dengan adik-adik Pramuka penegak di MANU Demak," katanya.
 

Dirinya nengapresiasi generasi muda NU yang sedang belajar dan aktif berpramuka di MANU Demak. Sebagai generasi muda nahdliyin tentu para penegak di MANU sudah kokoh pertahanan moralnya.


Justru karena itulah lanjutnya, Geram bergandengan tangan dengan komunitas Pramuka  dari kalangan nahdliyin untuk bersama-sama berupaya menyelamatkan masyarakat Demak dari ancaman narkoba.


"Peredaran narkoba kini menggunakan cara-cara yang yang canggih, tidak lagi melalui cara-cara konvensional, tetapi sudah  manfaatkan saluran digital. Ini yang mendesak untuk diwaspadai," pungkasnya.


Pengirim: Rahmad Saleh 


Regional Terbaru