• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Regional

SATU ABAD NU

NU Jateng: Semua Gembira Sambut 1 Abad NU

NU Jateng: Semua Gembira Sambut 1 Abad NU
Kegiatan prtingatan 1 Abad NU di MWCNU Kaliwungu, Kendal (Foto: NU Online Jateng/Insan Al-Huda)
Kegiatan prtingatan 1 Abad NU di MWCNU Kaliwungu, Kendal (Foto: NU Online Jateng/Insan Al-Huda)

Kendal, NU Online Jateng
Usia genap 1 abad kelahiran Nahdlatul Ulama disambut dengan gembira dan suka cita untuk warga NU di berbagai daerah di tanah air. Semua bahagia menyambut kelahiran NU 16 Rajab 1334 Hijriah yang lalu yang kini berusia satu abad. 


Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah HM Muzamil mengatakan, usia NU genap 1 abad pada tanggal 16 Rajab 1444 Hijriah harus diisi dengan berbagai kegiatan yang positif baik kegiatan keagamaan maupun sosial.


"Di berbagai daerah sudah mulai bergerak berbagai kegiatan menyongsong 1 Abad NU seperti yang telah dilakukan oleh PWNU Jateng di Masjid Agung Demak pada tanggal 30 Juli kemarin dengan menggelar istighotsah," ujarnya.


Hal itu disampaikan Kiai Muzamil saat memberikan sambutan di acara '1 Abad NU' yang dihelat Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kaliwungu, Kabupaten Kendal yang dihelat di halaman Masjid Agung Kaliwungu, Kamis (11/8/2022) malam.


Dikatakan, NU sebagai organisasi Islam terbesar kehadirannya telah memberikan kontribusi yang nyata bagi bangsa Indonesia. "Dengan adanya NU bangsa kita dapat merdeka, bersatu, sehingga kita umat Islam dan anggota NU dapat menjalankan ibadah," tegasnya.


Sebagai warga NU lanjutnya, kiranya wajib bersyukur dengan menjalankan ketaatan kepada Allah Taala dan menjauhi maksiyat. "Dengan bersyukur kita semua bahagia melantunkan shalawat dan salam kepada Baginda Rasulullah Saw, keluarganya, para sahabatnya dan para pengikutnya," ucapnya.





Menurutnya, selagi muda dan masih diberi kesempatan untuk menghirup udara, mari digunakan waktu sebaik-baiknya untuk mengenal potensi diri kita masing-masing.


"Banyak sekali kenikmatan yang kita terima. Ada yang diberikan suara merdu untuk mengaji dan bershalawat kepada nabi, mungkin semua diberikan bakat dan kemampuan masing-masing. Kita kenali diri kita, Insyaallah pada saatnya kita dapat mengenal atau wushul kehadirat Ilahi Rabbi," ujarnya.


"Yang penting semua ikut kepemimpinan ulama, berkolaborasi dengan sahabat-sahabat dalam kebaikan dan ketaqwaan, Insyaallah akan tercapai cita-cita kita bersama," sambungnya.


Rais MWCNU Kaliwungu KH Fauzi Shodaqoh menyampaikan ucapan terima kasih atas peran serta semua pengurus dan warga NU dalam acara peringatan satu abad NU ini. "Semoga acara ini diridhai oleh Allah Taala," ungkapnya.


Disampaikan, menyemarakkan peringatan 1 Abad NU, MWCNU Kaliwungu telah menyiapkan 9 program kegiatan. Di antaranya adalah digitalisasi layanan, NU women, dan kemandirian," terangnya.


Camat Kaliwungu Nung Tubeno dalam sambutannya mengatakan, sejak berdiri NU telah berperan penting dalam kehidupan nasional. NU juga dapat beradaptasi dalam perubahan dengan  program dan kegiatan yang positif.


Pengirim: Insan Al-Huda


Regional Terbaru